Eman Ahmed, Wanita Terberat di Dunia akan Dioperasi di Mumbai

Arpan Rahman    •    Minggu, 12 Feb 2017 17:18 WIB
peristiwa unikobesitas
Eman Ahmed, Wanita Terberat di Dunia akan Dioperasi di Mumbai
Tempat tidur khusus digunakan untuk mengangkut Eman Ahmed dari Mesir ke India. (Foto: Express Photo by Amit Chakravarty)

Metrotvnews.com, Mumbai: Eman Ahmed asal Mesir, diyakini sebagai wanita terberat di dunia saat ini dengan bobot hampir 500 kilogram, mendarat di Mumbai, India, Sabtu 11 Februari. Ia akan menjalani operasi penurunan berat badan di Rumah Sakit (RS) Saifee. 

Eman diangkut dari rumahnya di Alexandria ke Mumbai dalam sebuah pesawat kargo maskapai Egypt Air. Tempat tidur khusus digunakan Eman dalam penerbangan selama tujuh jam lebih.

Demi tindakan pencegahan, pesawat telah dilengkapi peralatan yang dibutuhkan dalam keadaan darurat seperti ventilator dan defibrillator portabel, tabung oksigen, intubasi laryngoscopes, serta obat-obatan keselamatan lain. Ini kali pertama perjalanan Eman keluar dari rumahnya dalam 25 tahun terakhir. Dia didampingi kakaknya, Shaimaa Ahmed.

Di bandara Mumbai, Eman diangkat mesin derek dari pesawat Egypt Air dan diletakkan di truk mini khusus yang dibeli RS Saifee. RS itu juga telah membangun ruangan khusus dengan pintu besar dan unit perawatan intensif spesial. Truk itu diikuti ambulans dan pengawalan polisi sampai rumah sakit.



Wanita yang tidur terikat itu akan ditangani ahli bedah bariatrik Muffazal Lakdawala di RS Saifee. Para pejabat tinggi, termasuk konsulat jenderal Mesir Ahmed Khalil hadir di tempat itu sampai Eman diopname. Menurut BBC, Lakdawala juga telah melakukan operasi penurunan berat badan pada para Menteri Negara, Nitin Gadkari dan Venkaiah Naidu.

Saat ini Eman tidak bisa bergerak atau berjalan karena lumpuh di kaki dan lengan kanan. Dia dilaporkan berbobot 5 kg saat lahir dan didiagnosa kaki gajah, kondisi di mana anggota tubuh atau bagian tubuh lainnya membengkak karena infeksi parasit. 

"Mereka mengatakan ketika dia berusia 11 tahun, berat badannya sangat besar, karenanya dia tidak bisa berdiri dan merangkak. Dan kemudian dia menderita stroke yang membuatnya terbaring di tempat tidur dan dia tidak bisa meninggalkan rumah sejak saat itu," kata Dr Lakdawala dalam sebuah wawancara dengan BBC, seperti dikutip Indian Express, Minggu (12/2/2017).

Perawatan ekstensif dijadwalkan berlanjut selama enam bulan ke depan, termasuk beberapa operasi. Rumah sakit akan mengobati Eman secara gratis untuk pengobatan dan operasinya. Pada 5 Desember 2016, Dr Muffazal Lakdawala telah menuliskan tweet ke Menteri Luar Negeri Sushma Swaraj dalam mencari bantuan pengadaan visa medis bagi Eman. Menlu lalu merespons jaminan bantuan.

Rekor Guinness saat ini untuk wanita terberat di dunia dipegang Pauline Potter dari Amerika Serikat (AS), yang beratnya 292 kg pada 2010. Jika laporan tentang berat badan Eman benar, dia akan memecahkan rekor tersebut.


(WIL)