Pemerintahan Baik, Norwegia Jadi Negara Terbahagia di Dunia

Sonya Michaella    •    Senin, 20 Mar 2017 14:48 WIB
peristiwa unik
Pemerintahan Baik, Norwegia Jadi Negara Terbahagia di Dunia
Norwegia, saat merayakan Hari Kemerdekaan-nya. (Foto: AP)

Metrotvnews.com, Oslo: Norwegia adalah negara paling bahagia di dunia, menurut sebuah penelitian terbaru dari Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

Orang-orang Skandinavia patut berbangga karena tahun lalu Norwegia menduduki peringkat ke empat dan kini langsung melonjak ke kursi pertama. Tingkat kepedulian, keputusan hidup, kemurahan hati, tata pemerintahan yang baik, kejujuran, kesehatan dan pendapat menjadi tolak ukur penilaian ini.

Sedangkan, Amerika Serikat merosot ke bawah, yaitu peringkat 14 (sebelumnya peringkat 13) dan dibutuhkan lebih dari sekedar uang untuk menjadi bahagia.

Dilansir CBS News, Senin 20 Maret 2017, tahun lalu, negara terbahagia di dunia diduduki oleh Denmark. Tahun ini, Denmark harus puas dengan menduduki peringkat kedua, diikuti Islandia lalu Swiss.

Sementara, lima negara terbawah dari 155 negara, dengan kata lain, paling tidak bahagia adalah Rwanda, Suriah, Tanzania, Burundi dan Afrika Tengah.

Jika ingin mencari kebahagiaan, sangat tidak disarankan pergi ke AS. Pasalnya, terjadi penurunan di empat indikator kunci, antara lain dukungan sosial, kebebasan pribadi, korupsi, dan pengangguran.

Di negara-negara Barat yang kaya, kesehatan mental dianggap menjadi penentu yang paling penting dalam kebahagiaan pribadi, dibanding pendapatan, pekerjaan atau kesehatan fisik.

Di Afrika, pembangunan yang lamban setelah akhir pemerintahan kolonial menyebabkan banyak warganya mengungkapkan kekecewaan yang besar. Namun, dinilai Afrika terus optimistis menuju masa depan dalam memperbaiki diri.

Daftar 20 negara teratas paling bahagia di dunia:

1. Norwegia
2. Denmark
3. Islandia
4. Swiss
5. Finlandia
6. Belanda
7. Kanada
8. Selandia Baru
9. Australia
10. Swedia
11. Israel
12. Kosta Rika
13. Austria
14. Amerika Serikat
15. Irlandia
16. Jerman
17. Belgia
18. Luksemburg
19. Inggris
20. Chile


(WIL)