Petugas Pemadam Dipuji usai Beri Napas Buatan ke Seekor Anjing

Willy Haryono    •    Jumat, 24 Mar 2017 23:01 WIB
satwa
Petugas Pemadam Dipuji usai Beri Napas Buatan ke Seekor Anjing
Petugas memberikan napas buatan kepada seekor anjing yang terlihat sudah mati. (Foto: BILLY FERNANDO/SANTA MONICA FIRE DEPARTMENT)

Metrotvnews.com, Santa Monica: Seorang petugas pemadam kebakaran mendapat banyak pujian usai memberikan napas buatan kepada seekor anjing yang diselamatkan dari kobaran api di sebuah rumah. 

Anjing itu pingsan akibat suhu panas dan asap tebal di sebuah apartemen di Santa Monica, California, Amerika Serikat. Namun petugas pemadam bernama Andrew Klein mampu menyelamatkan Nalu "dari kematian."

Klein menemukan Nalu, anjing jenis Bichon Frise/Shih Tzu berusia 10, di sebuah kamar setelah dirinya merangkak selama empat jam di apartemen. 

"Dia benar-benar terlihat seperti sudah mati," kata Klein kepada Associated Press, Jumat 24 Maret 2017. 

"Saya mengangkat dia dan lari dari apartemen karena waktu adalah kuncinya, terutama bagi seekor anjing kecil. Gagal bukanlah pilihan," sambung dia. 

Saat pemilik Nalu, Crystal Lamirande berlutut sembari menangis, Klein dan krunya menghabiskan waktu 20 menit untuk memberikan oksigen dan juga melakukan prosedur napas buatan "dari mulut ke mulut."

"Setelah 20 menit, anjing itu mulai bernapas sendiri dan sadar, bahkan bisa berjalan," ucap Departemen Pemadam Kebakaran Santa Monica dalam sebuah rilis. 



Lamirande, seorang perawat radiologi, mengaku tak bisa berkata-kata lagi atas usaha Klein dan timnya. 

"Mata anjing saya berkaca-kaca dan dia tidak bernapas. Saya pikir dia sudah mati," ujar Lamirande. "Tapi pemadam kebakaran mengatakan, 'Saya orang yang sangat positif. Mari selamatkan dia.'"


(WIL)