Raja Belanda Pernah Jadi Kopilot Selama 21 Tahun

Sonya Michaella    •    Jumat, 26 May 2017 20:10 WIB
peristiwa unik
Raja Belanda Pernah Jadi Kopilot Selama 21 Tahun
Raja Belanda, Willem-Alexander mengaku pernah menjadi kopilot KLM selama 21 tahun (Foto: Sky News).

Metrotvnews.com, Amsterdam: Raja Belanda, Willem-Alexander mengaku pernah menjadi kopilot untuk sebuah maskapai penerbangan komersial Belanda, KLM, selama 21 tahun.
 
Namun, kehadiran Sang Raja di pesawat tersebut tidak pernah terungkap. Padahal, ia terbang dua kali dalam sebulan sebagai kopilot.
 
"Itu hanya hobi di kala waktu senggang. Hobi saat saya jenuh dengan tugas kerajaan," kata pria berusia 50 tahun tersebut, seperti dikutip Sky News, Jumat 26 Mei 2017.  
 
Di maskapai penerbangan KLM, Raja Alexander terbiasa menerbangkan pesawat Fokker 70, di mana pesawat tersebut kini sudah dihapus dari daftar penerbangan KLM.
 
Jika masih ingin meneruskan hobinya, tentu Raja Alexander harus berlatih untuk menerbangan pesawat Boeing 737.
 
Ayah dari tiga anak tersebut mengungkapkan tak ada rencana untuk belajar menerbangkan pesawat yang lebih besar, seperti Boeing.
 
"Akan lebih susah dan berarti saya harus menginap paling tidak semalam. Saya tidak bisa meninggalkan Kerajaan terlalu lama," ucapnya sambil bergurau.
 
Ia juga membeberkan, saat menjadi kopilot, ia berbicara atas nama kapten dan kru di mana ia tidak perlu menyebutkan namanya.
 
"Saya jadi tahu rasanya diacuhkan, karena kebanyakan orang tidak mendengarkan saya," ungkap dia. 



(FJR)