Jaringan Terowongan Era Perang Dunia I Ditemukan

Willy Haryono    •    Senin, 24 Apr 2017 23:26 WIB
perang dunia iisitus bersejarah
Jaringan Terowongan Era Perang Dunia I Ditemukan
Terowongan digunakan untuk melatih kesiapan prajurit dalam menghadapi jaringan parit di Prancis dan Belgia semasa PD I. (Foto: MOD)

Metrotvnews.com, London: Sebuah jaringan terowongan unik yang digunakan prajurit untuk berlatih di era Perang Dunia I telah ditemukan di Larkhill, Salisbury Plain, Inggris.

Tim arkeolog yang bekerja sama dengan Kementerian Pertahanan Inggris menemukan jaringan terowongan tersebut. Situs itu digunakan untuk melatih kesiapan prajurit dalam menghadapi jaringan parit di Prancis dan Belgia semasa PD I. 

Lebih dari 100 gambar grafitti ditemukan di sepanjang tembok jaringan terowongan. Para prajurit yang berlatih di sana menuliskan nama mereka dan lainnya di tembok. 

"Merupakan pengalaman luar biasa bisa berdiri dan membaca nama-nama prajurit muda di tempat mereka berlatih sebelum berperang," ucap seorang arkeolog bernama Si Cleggett, seperti dilansir belfasttelegraph, Senin 24 April 2017. 


Nama-nama prajurit dituliskan di tembok. (Foto: MOD)

"Berdiri di tempat ini satu abad setelah perjuangan mereka di Larkhill, kami akan selalu mengingatnya," sambung dia. 

Alat latihan seperti granat, amunisi dan kaleng makanan ditemukan di jaringan terowongan tersebut. 

Pasukan Australia Divisi ke-3 berlatih di Salisbury Plain pada 1916. Mereka menuliskan nama-nama prajurit, terutama yang memiliki keahlian khusus dalam menggunakan granat tangan.

 
Pasukan Australia Divisi ke-3. (Foto: MOD)

Satu nama yang dituliskan adalah prajurit Lawrence Carthage Weathers. Ia mendapatkan medali Victoria Cross pada September 1918 atas keberaniannya menyerang sebuah pos senapan mesin dengan granat, merebutnya dan menahan 180 prajurit musuh.

Steve White dari kontraktor bangunan Gable, mengatakan bahwa penemuan jaringan terowongan ini "merepresentasikan kesempatan unik untuk menjadi bagian dalam cerita arkeolog yang signifikan."

Sekitar 4.300 tentara Inggris dan keluarga mereka akan dipindahkan ke Witlshire dari Jerman dan beberapa pangkalan militer pada 2019.


Jaringan terowongan di Salisbury Plain. (Foto: MOD)


(WIL)