Lukisan Basquiat Cetak Rekor Penjualan Hingga Rp1,48 triliun

Fajar Nugraha    •    Sabtu, 20 May 2017 11:09 WIB
peristiwa unik
Lukisan Basquiat Cetak Rekor Penjualan Hingga Rp1,48 triliun
Lukisan Jean-Michel Basquiat yang dilelang (Foto: AFP).

Metrotvnews.com, New York: Hampir 30 tahun setelah kematiannya, karya seniman Amerika Jean-Michel Basquiat memecahkan rekor termahal.
 
Lukisan Basquiat "Untitled" terjual Kamis di Sotheby's seharga USD110,5 juta atau Rp1,48 Triliun. Rumah pelelangan tersebut mengatakan bahwa jumlah itu adalah rekor bagi artis tersebut dan juga mencatat rekor harga dalam pelelangan bagi seniman Amerika.
 
Seperti dilansir dari VOA Indonesia, Sabtu 20 Mei 2017, miliarder Jepang Yosaku Maezawa, yang membeli karya seni tersebut dalam perang penawaran 10 menit, mengatakan bahwa dia berencana untuk meminjamkan Basquiat ke museum dan pameran sebelum ditempatkan di sebuah museum di Chiba, Jepang, kota kelahiran Maezawa.
 
"Untitled" yang bernilai jutaan dolar itu menggambarkan kepala mirip tengkorak dan dibuat dengan menggunakan cat minyak, cat akrilik, dan semprotan di kanvas raksasa. Lukisan ini merupakan bagian dari koleksi pribadi sejak tahun 1984 ketika dijual dengan harga hanya 19.000 dolar.
 
Karya Basquiat lainnya, juga diberi label "Untitled," terjual tahun lalu dengan harga USD57,3 juta. Maezawa juga membeli lukisan itu.
 
Basquiat, seniman berkulit hitam, lahir di Brooklyn, dari ayah Haiti dan ibu Puerto Rico. Dia meninggal pada tahun 1988 akibat overdosis obat pada usia 27 tahun.



(FJR)