Pakai Baju Pria saat Menyetir, Wanita Saudi Ditangkap Polisi

Marcheilla Ariesta    •    Jumat, 25 Aug 2017 11:43 WIB
peristiwa unik
Pakai Baju Pria saat Menyetir, Wanita Saudi Ditangkap Polisi
Perempuan Arab Saudi yang mengenakan pakaian pria saat menyetir mobil (Foto: CEN).

Metrotvnews.com, Riyadh: Seorang wanita ditangkap dan diinterogasi polisi Arab Saudi lantaran mengemudi menggunakan pakaian pria. Wanita ini menggunakan jubah dan keffiyeh, penutup kepala tradisional untuk pria Saudi.
 
Bukti wanita tersebut mengemudi sendirian sudah diunggah di media sosial dan ditonton lebih dari 20.000 kali. Setelah menonton video tersebut secara daring, banyak warganet meminta wanita itu ditangkap. 
 
Investigasi yang dilakukan otoritas keamanan lewat video tersebut membuktikan wanita itu terlihat mengemudi di 'fasilitas rekreasi' di Kota Al Khafji, di sebelah timur laut negara tersebut.
 
Polisi langsung menginterogasi pemilik mobil. Mereka juga langsung menginterogasi 'pria' yang dianggap telah melakukan kejahatan sosial itu.
 
"Wanita itu menyamar sebagai pria dan berkendara sendirian. Hal tersebut dianggap melanggar norma sosial di negara ini," kata petugas kepolisian, seperti dilansir dari laman Metro.co.uk, Jumat, 25 Agustus 2017.
 
Meski secara teknis tidak ada undang-undang yang melarang wanita Saudi mengemudi, namun secara tradisional hal tersebut melanggar norma sosial di masyarakat. Untuk bisa mengemudi, wanita diharuskan memiliki surat izin mengemudi dan bersama muhrim mereka saat bepergian.
 
Aktivis hak-hak perempuan telah berulang kali menyerukan kebebasan bagi kaum wanita di Negeri Petro Dolar tersebut untuk dapat berkendara dengan bebas. Pasalnya, mengemudi sudah semakin umum untuk wanita. Biasanya, para pegiat itu melakukan protes dengan membuat video saat mereka mengemudi sendiri dan mengunggahnya secara daring di media sosial.



(FJR)