Malapetaka Gajah Dilempar Api Jadi Foto Terbaik Asia Tahun Ini

Arpan Rahman    •    Rabu, 08 Nov 2017 18:30 WIB
peristiwa unik
Malapetaka Gajah Dilempar Api Jadi Foto Terbaik Asia Tahun Ini
Foto yang menjadi juara Wildlife Awards 2017 dari Sanctuary (Foto: BIPLAB HAZRA/SANCTUARY WILDLIFE PHOTOGRAPHY AWARDS).

Metrotvnews.com, Canberra: Foto seekor gajah dewasa dan gajah kecil yang tergopoh melarikan diri setelah ditembak dengan bola api, yang dilemparkan ke arah mereka oleh kerumunan manusia menjadi pemenang penghargaan fotografi Asia yang digelar tahun ini.
 
Penghargaan dari Sanctuary berupa Wildlife Awards 2017 menarik lebih dari 5.000 foto dari seantero Asia. Lomba ini diadakan oleh Sanctuary, sebuah organisasi advokasi konservasi satwa liar India, yang juga menerbitkan majalah Sanctuary Asia.
 
Fotografer Biplab Hazra memenangkan penghargaan Photographer of the Year 2017 untuk gambar yang mengejutkan, berjudul "Hell is Here". Foto tersebut diambil di distrik Jhargram, negara bagian Bengal Barat, India, yang merupakan hunian bagi sekitar 800 gajah liar.
 
Sering terjadi kekerasan terhadap gajah di wilayah di mana hewan itu secara teratur menghancurkan tanaman, merusak lahan, dan kadang membunuh orang. Hazra mengatakan kepada New Indian Express bahwa penduduk desa mungkin tidak bermaksud mengamuki gajah dan penduduk setempat sering memakai api demi mencegah hewan tersebut menjauh dari pemukiman manusia.
 
"Anak gajah mungkin tidak sengaja dibakar oleh penduduk desa yang tinggal di sekitar habitat gajah," katanya. 
 
"Tapi letusan yang meledak dan lemparan bola api ke kawanan gajah telah menjadi praktik umum di bagian Bengal Barat ini," cetusnya seperti disitir The Australian, Rabu 8 November 2017.
 
Sanctuary menulis di laman Facebook-nya bahwa jenis kekerasan yang ditimbulkan pada gajah yang ditangkap oleh foto tersebut "biasa" di India bagian selatan. 
 
"Ketidaktahuan dan haus darah massa yang menyerang gajah untuk bersenang-senang diperparah oleh penderitaan orang-orang yang benar-benar mengalami kerusakan lahan." tulis organisasi tersebut.
 
Hazra berkata kepada New Indian Express bahwa kedua gajah di foto itu selamat dari kejadian tersebut.



(FJR)