Presiden Tanzania Perintahkan Seluruh Prajurit Beli Kacang

Willy Haryono    •    Selasa, 13 Nov 2018 21:03 WIB
peristiwa unik
Presiden Tanzania Perintahkan Seluruh Prajurit Beli Kacang
Presiden Tanzania John Pombe Magufuli dalam sebuah acara di Nairobi, Kenya, 31 Oktober 2016. (Foto: AFP/SIMON MAINA)

Dodoma: Presiden Tanzania John Pombe Magufuli memerintah seluruh prajurit di negaranya untuk membeli kacang mete setelah sejumlah perusahaan swasta menolak membayar harga yang telah ditetapkan pemerintah.

Perintah dikeluarkan hanya beberapa hari usai Magufuli memecat Menteri Pertanian Charles Tizeba dan Menteri Perdagangan Charles Mwijage karena dinilai telah "gagal menjalankan tugas" terkait industri kacang mete Tanzania.

Seperti dikutip dari kantor berita AFP, Selasa 13 November 2018, Magufuli memerintah semua tentara untuk membeli kacang mete seharga 1,44 dolar atau setara Rp21 ribu per kilogram. Harga itu lebih tinggi dari yang dapat diterima sejumlah perusahaan swasta di Tanzania.

Oktober lalu, Magufuli memerintahkan agar harga kacang mete dinaikkan dua kali lipat dari 0,65 dolar (Rp9 ribu) per kg. Para petani di Tanzania mengeluhkan harga tersebut karena dinilai tidak dapat menutupi biaya produksi.

Terkait perintahnya kepada semua prajurit, Magufuli menyalahkan tindakan sejumlah perusahaan swasta "yang menawarkan harga sangat rendah" kepada para petani kacang mete. Di Tanzania, kacang mete adalah salah satu komoditas utama.

"Bank Pengembangan Pertanian Tanzania akan memerintahkan pencairan dana yang diperlukan untuk membeli semua kacang mete. Militer akan dikerahkan untuk membeli semua produksi kacang tersebut," ucap pernyataan resmi pemerintah Tanzania.

"Kami akan membeli semua hasil panen petani, kemudian kami akan mencari pembelinya. Semua yang tidak terjual akan dimakan," tegas Magufuli.

Sejak terpilih tiga tahun lalu, Magufuli telah beberapa kali berseteru dengan sejumlah perusahaan swasta. Pemerintah Magufuli menargetkan produksi kacang mete tahun ini mencapai 220 ribu ton.


(WIL)