Thailand Terbitkan 'Visa Elite' Bagi Wisatawan

Sonya Michaella    •    Sabtu, 08 Apr 2017 15:20 WIB
thailand
Thailand Terbitkan 'Visa Elite' Bagi Wisatawan
Pulau kecil Ko Phi Phi Leh di Thailand. (Foto: AFP)

Metrotvnews.com, Bangkok: Pemerintah Thailand kini menawarkan visa yang tak biasa untuk warga asing elite yang ingin tinggal di Thailand. Visa ini disebut visa izin menetap dan bekerja selama setahun dengan harga USD3 ribu atau setara dengan hampir Rp40 juta.

Visa 'elite' ini dibagi ke dalam tujuh kategori. Elite Ultimate Privilege adalah visa yang paling istimewa dengan jangka waktu tinggal di Bangkok selama 20 tahun dengan harga USD60 ribu atau setara dengan Rp800 juta.

Dilansir Travel and Leisure, Sabtu 8 April 2017, Thailand juga menetapkan biaya keanggotaan setiap tahunnya sebesar USD600 atau setara dengan Rp8 juta.

Rata-rata, visa ini sudah dilengkapi dengan kemudahan pengurusan surat-surat yang berkaitan dengan imigrasi, surat izin mengemudi di Bangkok dan sekitarnya serta surat izin bekerja.

Untuk pemilik visa kategori lite Ultimate Privilege akan mendapat fasilitas antar jemput ke bandara dan pengecekan kesehatan berkala di rumah sakit terbaik se-Thailand.

Pengeluaran visa jenis terbaru ini adalah salah satu siasat pemerintah Thailand untuk lebih mempromosikan wisata dan mendorong peningkatan ekonomi Thailand sendiri. Untuk saat ini saja, sudah ada 1.000 orang pendaftar di mana mereka, rata-rata, adalah pensiunan.

Pasalnya, Thailand menjadi salah satu tujuan favorit turis mancanegara yang di mana mereka betah berlama-lama berlibur di Thailand hingga dua atau tiga bulan.

Tahun lalu, Thailand didatangi oleh 32,5 juta orang wisatawan dari berbagai negara.


(FJR)