Pengasuh Anak di Inggris Dapat Pelatihan Anti-Terorisme

Willy Haryono    •    Rabu, 10 May 2017 22:51 WIB
peristiwa unik
Pengasuh Anak di Inggris Dapat Pelatihan Anti-Terorisme
Seorang calon pengasuh anak menempuh pendidikan elite di Norland College. (Foto: AFP)

Metrotvnews.com, London: Institusi pendidikan ternama Norland College, yang melahirkan sederet pengasuh anak kelas dunia sejak lebih dari satu abad lalu di Inggris, telah menambahkan pelatihan anti-terorisme dalam kurikulumnya. 

Sejak 125 tahun, universitas di kawasan Bath itu telah melatih calon pengasuh anak untuk bekerja di kalangan elite, termasuk mengasuh Pangeran George dari Kerajaan Inggris. 

Norland College merupakan universitas pertama yang menghadirkan jurusan mengasuh anak. Selain anti-terorisme, mahasiswa jurusan tersebut juga mendapatkan pelatihan mengemudi khusus dan keamanan siber.

Pelatihan bertujuan agar para pengasuh anak "memiliki dasar pemikiran untuk mempersiapkan diri dalam menghadapi berbagai kemungkinan ancaman di lingkungan mereka," kata Paul Gibson, mantan agen intelijen Inggris, seperti dikutip AFP, Rabu 10 Mei 2017.

Seiring meningkatnya ancaman terhadap keluarga kerajaan dan elite lainnya, para pengasuh anak "berada di posisi unik yang rentan menjadi target namun bisa juga menjadi pencegah terjadinya berbagai kejahatan seperti penculikan," lanjut Gibson.

Lulusan Norland College, dikenal lewat pelatihan kelas atas dan seragam khasnya, memiliki gaji tertinggi di dunia dalam kelas pengasuh.

Maria Teresa Turrion Borrallo, wanita asal Spanyol yang menjadi pengasuh Pangeran George, adalah lulusan Norland College. 

Dalam beberapa tahun terakhir, Norland College memperluas kurikulumnya agar para pengasuh memiliki kemampuan bela diri dan mengemudi dengan baik.

"Tambahan (kurikulum) ini akan menunjukkan kepada para klien kami, bahwa mereka bisa mempekerjakan seseorang, yang kami harap, dapat mengatasi segala situasi dengan baik," ujar Direktur Norland College, Janet Rose, kepada BBC Radio.

"Para mahasiswa kami mengaku menjadi lebih waspada terhadap lingkungan sekitar, lebih siap dan percaya diri dalam melaksanakan tugas profesional mereka," lanjut dia.



(WIL)