Venesia Larang Kehadiran Toko Kebab demi Lestarikan Identitas Kota

Willy Haryono    •    Minggu, 07 May 2017 23:39 WIB
peristiwa unik
Venesia Larang Kehadiran Toko Kebab demi Lestarikan Identitas Kota
Kota Venesia di Italia. (Foto: GIUSEPPE CACACE/AFP/Getty Images)

Metrotvnews.com, Venesia: Venesia melarang penambahan kehadiran toko kebab dan restoran cepat saji lainnya untuk "melestarikan estetika dan tradisi" di kota wisata Italia tersebut. 

Aturan terbaru juga akan membatasi jumlah toko yang menjual pizza. Namun toko yang menjual es krim secara artistik tetap dibolehkan beroperasi. 

"Kami ingin mengerem berbagai aktivitas yang tidak sejalan dengan pelestarian dan pengembangan warisan budaya Venesia," ujar Paola Mar, kepala pariwisata Venezia, seperti dilansir Guardian, Minggu 7 Mei 2017. 

Mar menegaskan Venezia tidak memiliki masalah khusus mengenai kebab atau makanan cepat saji lainnya. Ia juga tidak mempermasalahkan banyaknya orang yang melakukan aktivitas makan di luar ruangan. 

"Masalahnya adalah, kota wisata seperti kami, ada risiko akan hilangnya sebuah identitas asli," ungkap Mar. 

"terdapat produk-produk lokal yang harus kami promosikan, dan ini akan lebih baik untuk semangat kota ini, serta di level lingkungan, akan lebih berkesinambungan," lanjut dia. 

Selain menerapkan larangan, Mar berencana mendirikan area piknik di Venesia untuk mencegah wisatawan memakan makanan take-away di beberapa situs. 

Tahun lalu, Verona juga melarang toko kebab dan makanan siap saji lainnya untuk menjaga kelestarian kota. Larangan diterapkan seiring melonjaknya jumlah toko kebab. 

Otoritas kota Florence juga membatasi sejumlah toko makanan cepat saji, minimarket, dan kafe internet.


(WIL)