Makam Berusia 4.400 Tahun Ditemukan Dekat Piramida Mesir

Arpan Rahman    •    Minggu, 04 Feb 2018 18:01 WIB
peristiwa uniksitus bersejarahmesir
Makam Berusia 4.400 Tahun Ditemukan Dekat Piramida Mesir
Makam kuno berusia 4.400 tahun ditemukan dekat piramida di luar Kairo, Mesir. (Foto: EPA)

Kairo: Tim arkeolog Mesir telah menemukan sebuah makam berusia 4,400 tahun di dekat piramida di luar Kairo.

Kementerian Peninggalan Purbakala Mesir mengumumkan temuan tersebut pada Sabtu 3 Februari 2018. Makam tersebut kemungkinan berasal dari pejabat tinggi yang dikenal sebagai Hetpet pada Dinasti ke-5 di Mesir.

Temuan meliputi lukisan dinding yang menggambarkan sosok bernama Hetpet tengah mengamati berbagai lokasi perburuan dan pemancingan.

Mostafa Al-Waziri, pemimpin misi arkeologi di Mesir, menyebutkan adanya gambar seekor monyet di makan tersebut. Pada zaman itu, monyet biasa dijadikan hewan peliharaan.

Dia meyakini bahwa Hetpet, wanita yang dianggap dekat dengan bangsawan kuno Mesir, memiliki sebuah makam lain di pekuburan Barat Giza yang merupakan peristirahatan bagi pejabat tinggi Kerajaan Inggris Kuno.


Interior makam Hetpet. (Foto: EPA)

Al-Waziri mengatakan penggalian sedang dilakukan untuk makam lainnya. "Ini daerah yang sangat menjanjikan. Kami berharap bisa menemukan lebih banyak," katanya kepada wartawan di lokasi tersebut.

"Kami telah membongkar antara 250-300 meter kubik lapisan bumi untuk menemukan makam tersebut," cetusnya seperti dinukil Independent, Minggu 4 Februari 2018.

Hetpet diduga merupakan pendeta wanita bagi dewi kesuburan Hathor, yang diyakini orang Mesir kuno bertugas melindungi wanita saat melahirkan. 


(WIL)