Rayakan Imlek, Manchester Bangun Patung Babi Raksasa

Arpan Rahman    •    Kamis, 07 Feb 2019 16:54 WIB
imlek
Rayakan Imlek, Manchester Bangun Patung Babi Raksasa
Patung yang tengah dibangun di tengah kota Manchester, Inggris jelas perayaan Imlek. (Foto: Manchester Evening News).

Manchester: Patung Piglet sedang dibangun di St Ann's Square untuk merayakan Tahun Babi dalam perayaan Imlek di Manchester, Inggris. Patung babi raksasa tersebut sedang dibangun di alun-alun yang siap untuk perayaan Tahun Baru Tiongkok di kota itu akhir pekan ini.

Instalasi telah dibuat oleh artis dan bekas warga Manchester, Alex Rinsler. Kerangka yang dilas dibangun di sebuah bengkel di dekat stadion Etihad sebelum diangkut ke St Ann's Square pada Senin ketika pembangunannya dimulai.

Kerangka baja sedang ditutupi dengan kain dan akan dihiasi dengan rompi ditutupi dengan 50.000 sen, menyatukan tradisi Inggris dan Tiongkok sebagai ucapan semoga sukses. Kemudian dari dalamnya akan menyala seperti lentera Tiongkok.

"Menghadap langit malam, itu akan sangat cantik," kata Alex, seperti dikutip dari laman Manchester Evening News, Kamis 7 Februari 2019.

Karya seni publik Alex sebelumnya termasuk rubah jerami raksasa di Southbank Centre London dan tupai jerami besar di Kazakhstan.

"Bagi saya, hewan berbagi kota dengan kita dan memiliki semua masalah yang sama dengan yang kita hadapi: berusaha mencari tempat tinggal, berkembang, memiliki komunitas," katanya.

"Dengan membuat hewan raksasa, Anda benar-benar menempatkan diri di posisi mereka dan kemudian benar-benar dapat memulai percakapan tentang apa artinya hidup di kota," cetusnya.

"Untuk Tahun Baru Imlek, merupakan kehormatan nyata diundang buat menciptakan sesuatu yang ikonik yang dapat memeriahkan festival dan perayaan itu," sambungnya.

Patung itu dipesan oleh Manchester Business Improvement District (BID) atas nama pertokoan pusat kota. Patung babi akan dipajang mulai Kamis hingga Minggu. Ini adalah salah satu sorotan dari empat hari kegembiraan yang direncanakan di seluruh pusat kota untuk merayakan Tahun Baru Imlek, termasuk pasar makanan Tiongkok di St Ann's Square.

Perayaan memuncak dalam Dragon Parade tahunan dan pertunjukan kembang api pada Minggu, 10 Februari.


(FJR)