Thailand Larang Perempuan Pakai Baju Terbuka

Sonya Michaella    •    Jumat, 23 Mar 2018 12:57 WIB
thailand
Thailand Larang Perempuan Pakai Baju Terbuka
Jaga ketertiban Festival Songkran, Thailand larang warga berpakaian minim (Foto: Bangkok Post).

Bangkok: Pemerintah Thailand kini melarang kaum perempuan untuk tak memakai pakaian yang terbuka atau seksi. Hal ini tak hanya berlaku untuk warganya, namun juga untuk wisatawan.
 
Imbauan ini dikeluarkan untuk mencegah tindakan pelecehan seksual yang kerap terjadi di Negeri Gajah Putih ini, pun menjelang Festival Songkran yang digelar bulan depan.
 
"Badan-badan lokal juga akan mengatur zona bebas alkohol dan meminta wisatawan, terutama perempuan untuk berpakaian sopan sehingga tidak menjadi sasaran kejahatan seksual," kata Direktur Jenderal dari Departemen Administrasi Lokal, Sutthipong Chulcareon, dikutip dari South China Morning Post, Jumat 23 Maret 2018.
 
Ia juga telah meminta kepada badan lokal untuk menjaga ketertiban Festival Songkran dan menjaga ketertiban tempat-tempat wisata selama acara tersebut berlangsung.
 
“Maka dari itu, pengamanan kami mulai dari sekarang termasuk imbauan berpakaian kepada kaum perempuan,” ungkap dia.
 
Pasalnya, sempat muncul kasus 30 orang wanita melapor adanya pelecehan seksual di Festival Songkran tahun lalu dan membuat Pemerintah Thailand merasa kecolongan.
 
Festival Songkran yang dirayakan pada tanggal 13 hingga 15 April setiap tahun ini merupakan Hari Tahun Baru tradisional untuk Thailand.
 
Hari tersebut bertepatan dengan tahun baru pada beberapa kalender tradisi di Asia Selatan dan Asia Tenggara.


(FJR)