Pria Kepala Botak Rentan Jadi Sasaran Ilmu Hitam di Mozambik

Sonya Michaella    •    Kamis, 08 Jun 2017 11:08 WIB
peristiwa unik
Pria Kepala Botak Rentan Jadi Sasaran Ilmu Hitam di Mozambik
Pria kepala botak di Mozambik sering dijadikan korban ilmu hitam. (Foto: BBC)

Metrotvnews.com, Maputo: Pria yang memiliki kepala botak di Mozambik bisa menjadi sasaran serangan ritual ilmu hitam. Beberapa hari terakhir, lima pria dengan kepala botak ditemukan tewas dengan bagian tubuh sudah terpotong.

"Bulan lalu, dua pria berkepala botak ditemukan tewas dan polisi langsung menangkap dua tersangkanya," kata Komandan Polisi Zambezia Mozambik, Afonso Dias, seperti dikutip Telegraph, Kamis 8 Juni 2017.

Ia menambahkan, salah satu dari korban ditemukan dengan kepala dipotong dan organ tubuhnya sudah tidak lengkap lagi.

Menurut pengakuan tersangka, anggota tubuh dan organ tubuh korban tersebut digunakan untuk ritual ilmu hitam di Tanzania dan Malawi.

"Keyakinan mereka bahwa kepala botak seorang pria mengandung emas," lanjut dia.

Sementara, kepolisian nasional Mozambik mengatakan serangan terhadap pria kepala botak ini merupakan serangan yang sama terhadap orang albino yang menggunakan ilmu hitam.

"Motivasi mereka berasal dari takhayul. Masyarakat menganggap bahwa pria berkepala botak itu pria kaya," sebut pernyataan dari kepolisian nasional Mozambik.

Menurut data dari PBB, lebih dari 100 serangan terhadap orang albino di Mozambik, terutama di wilayah utara, sejak 2014 silam.


(WIL)