Arkeolog Temukan Koleksi Langka Mumi Kucing di Mesir

Arpan Rahman    •    Minggu, 11 Nov 2018 17:10 WIB
mesir
Arkeolog Temukan Koleksi Langka Mumi Kucing di Mesir
Sebuah mumi kucing ditemukan di Saqqara, Mesir. (Foto: AFP/Getty)

Kairo: Tim arkeolog di Mesir menemukan koleksi langka mumi kucing dan juga kumbang. Mereka juga menemukan sebuah makam Dinasti Kelima dari Kerajaan Kuno Mesir.

Koleksi mumi kucing dan kumbang itu merupakan bagian dari sejumlah artefak yang ditemukan di tujuh makam di kompleks piramida Raja Userkaf dalam enam bulan terakhir. Kompleks tersebut terletak di Saqqara, wilayah selatan dari Kairo.

Sekretaris Jenderal Dewan Agung Kementerian Barang Antik Mesir Mostafa Waziri mengonfirmasi penemuan koleksi mumi. Tim juga secara tidak sengaja menemukan pintu ke sebuah makam lain saat sedang bersiap mengumumkan penemuan terbaru di Saqqara.

Makam itu diketahui berasal dari Dinasti Kelima Kerajaan Kuno Mesir. Makam ini, yang akan dibuka untuk publik dalam waktu dekat, menarik perhatian karena bagian pintunya masih utuh.

Mohamed Youssef, direktur dewan wilayah Saqqara, mengatakan bahwa konten di dalam makam itu kemungkinan belum tersentuh siapapun. Dinasti Kelima berkuasa di Mesir dari 2.500 hingga 2.350 Sebelum Masehi, tak lama usai Piramida Giza dibangun.

Ekskavasi di area Saqqara sempat dihentikan pada 2013, sebelum akhirnya dimulai kembali tahun ini. Saqqara berfungsi sebagai nekropolis bagi Memphis, ibu kota Mesir kuno.


Sejumlah artefak ditemukan di Saqqara. (Foto: AFP/Getty)

Warga Mesir kuno mengawetkan manusia dengan tujuan menjaga jasadnya tetap utuh untuk memasuki kehidupan setelah mati. Sementara hewan diawetkan untuk digunakan sebagai persembahan ritual tertentu.

Puluhan mumi kucing dan patung ditemukan di kompleks Saqqara. Terdapat pula dua kumbang besar jenis scarab yang dibalut kain dalam kondisi utuh.


Tiga mumi kucing di Saqqara. (Foto: AFP/Getty)

"(Mumi) kumbang ini sangat unik. Mumi ini juga sangat langka," kata Waziri, seperti disitat dari kantor berita Mirror, Sabtu 10 November 2018.

"Beberapa hari sebelum ditemukan, mumi ini ditemukan dalam peti mati bergambar kumbang. Saya belum pernah mendengar mengenai hal ini sebelumnya," lanjut dia.

Turut ditemukan pula artefak kobra kayu dan sarkofagus buaya, koleksi patung-patung emas, serta sejumlah benda seperti jimat, botol kanopi, alat tulis, dan keranjang papyri (pohon lontar).


(WIL)