Gletser Berukuran 1.000 Kaki Mengambang di Chile

Sonya Michaella    •    Rabu, 29 Nov 2017 13:15 WIB
peristiwa unik
Gletser Berukuran 1.000 Kaki Mengambang di Chile
Gletser yang mengambang di taman nasional Chile. (Foto: Sky News)

Santiago: Sebuah gunung es besar telah bergerak dan memecahkan gletser di laguna Taman Nasional Torres del Paine yang terletak di selatan Chile.

Kementerian Perhutanan Chile pun sudah mengetahui hal ini dan segera merilis pernyataan bahwa tidak ada yang perlu dikhawatirkan dari pecahnya gletser ini.

"Penyebab belum jelas. Kemungkinan karena pergerakan gunung es terlalu keras dan suhu bumi yang terus meningkat," sebut pernyataan itu, dikutip dari Sky News, Rabu 29 November 2017.

Menurut Kementerian Perhutanan Chile, pecahnya es dan gletser mengambang ini adalah hal yang jarang terjadi di taman nasional.

"Perubahan iklim adalah satu-satunya alasan mengapa gletser bisa tercipta dan mengambang," lanjut pernyataan itu.

Blok es berwarna putih kebiruan tersebut sekarang masih mengambang bebas di laguna. Diperkirakan, ukurannya mencapai 1.148 kaki, lebih dari tiga kali ukuran stadion nasional Chile di Santiago.

Terkenal dengan pemandangan gunungnya, Taman Nasional Torres del Paine adalah salah satu taman nasional terbesar dan terpopuler di negara tersebut. 

Setiap tahunnya, terhitung lebih dari 250 ribu pengunjung datang ke taman nasional ini. Torres del Paine juga dinobatkan sebagai tempat terindah kelima oleh National Geographic.


(FJR)