Supermarket 'Junk Food' Pertama Dibuka di London

Sonya Michaella    •    Kamis, 22 Sep 2016 13:59 WIB
peristiwa unik
Supermarket 'Junk Food' Pertama Dibuka di London
Supermarket 'junk food' yang baru dibuka di London (Foto: Huffington)

Metrotvnews.com, London: Kebanyakan orang sangat menghindari junk food karena terbukti tak baik untuk kesehatan. Namun, Inggris malah membuka supermarket khusus junk food pertama di ibu kotanya, London.

Biasanya orang menyebut junk food adalah makanan siap saji seperti hamburger dan pizza. Namun, supermarket ini menyediakan bahan 'junk food' yang sesungguhnya yaitu bahan yang sudah dibuang.

The Real Junk Food Project (TRJFP) adalah yang pertama menggagas agar dibukanya supermarket 'junk food'. Mereka menjual makanan yang terbuang, namun masih dicari dan layak dikonsumsi.

Seperti dilansir Huffington Post, Kamis (22/9/2016), tim TRJFP sengaja membuka supermarket unik ini demi mengurangi gunungan 'sampah' makanan yang terhitung rata-rata 10 juta ton per tahun. 



Proyek ini sangat membantu mereka yang kesulitan keuangan. Dengan adanya supermarket ‘junk food’ ini, mereka bisa membeli kebutuhan pokok dengan harga yang relatif lebih terjangkau.

Supermarket ini berada di lokasi yang sejalan dengan kafenya, di Pudsey, Leeds. Konsumen bisa membeli bahan pangan yang kondisinya masih baik, tapi sudah dibuang oleh pemilik terdahulu. 

"Kami menghentikan makanan yang terbuang di pusat kota di Leeds dalam jumlah besar. Lalu kami membuka gudang untuk publik, dan sukses," kata seorang dari TRJFP.

Dalam pandangan TRJFP, bila sayuran belum layu maka masih layak untuk dikonsumsi. Uniknya, tidak semua makanan di supermarket TRJFP bisa dibeli, melainkan juga yang disumbangkan untuk amal.

Saat ini, supermarket junk food hanya ada di Inggris. Tapi TRJFP berharap, mereka akan berekspansi ke wilayah-wilayah lain sesuai tujuan utama mereka, yaitu 'memberi makan dunia'.



(FJR)