Takut Hiu, Kompetensi Selancar di Australia Dibatalkan

Marcheilla Ariesta    •    Rabu, 18 Apr 2018 10:28 WIB
australiaselancar
Takut Hiu, Kompetensi Selancar di Australia Dibatalkan
Kompetisi selancar di Australia batal karena banyak hiu. (Foto: AFP).

Perth: Kompetensi selancar global elit di Australia Barat dibatalkan. Pembatalan dilakukan usai dua serangan hiu di dekat tempat acara tersebut akan diselenggarakan.

Para peselancar pria dan wanita di seluruh dunia ikut serta dalam perlombaan Margaret River Pro selama 12 hari. Perlombaan ini bagian dari Tur Kejuaraan Liga Selancar Dunia di lepas pantai barat daya Australia pada 11 April lalu.

Nahas, dua peselancar yang tengah berlomba diserang hiu. Peselancar lokal menderita cidera kaki dalam serangan di Gracetown. Sementara yang lainnya, asal Denmark juga diserang di kaki.

Akibat hal tersebut, kontes tersebut sempat ditangguhkan pada Senin pagi. Namun, ketakutan semakin besar kala melihat pergerakan hiu tersebut yang membuat kontes batal diselenggarakan.

"Hari ini, WSL telah membuat keputusan sulit unutk membatalkan sisa Margaret River Pro, sebagai akibat dari keadaan luar biasa saat acara ini berlangsung. Ini mengenai hiu dan keselamatan para peselancar kami," ucap Ketua Liga Surfing Dunia (WSL) Sophie Goldschmidt dalam sebuah pernyataan, seperti dilansir dari laman AFP, Rabu 18 April 2018.

Menurut dia, WSL menempatkan keselamatan para peselancar sebagai prioritas utama. Hal tersebut, kata Goldschimdt, tidak bisa dikompromikan.

Keadaan saat ini dianggap tidak biasa dan sangat mengganggu karena hiu-hiu berada dekat sekali dengan garis pantai dan berbahaya bagi para peselancar.

Pihak berwenang juga mengeluarkan peringatan mengenai kawanan paus yang terdampar di tepi pantai. Diduga bangkai paus tersebut yang memicu para hiu ke tepi pantai.


(FJR)