Foto Unik Albert Einstein Terjual Seharga Rp1,6 Miliar

Willy Haryono    •    Senin, 31 Jul 2017 15:07 WIB
peristiwa unik
Foto Unik Albert Einstein Terjual Seharga Rp1,6 Miliar
Albert Einstein menjulurkan lidah saat para fotografer memintanya berpose di Universitas Princeton, 14 Maret 1951. (Foto: Arthur Sasse/Nate D. Sanders Auctions)

Metrotvnews.com, Los Angeles: Foto Albert Einstein yang menjulurkan lidahnya mungkin adalah kenang-kenangan paling mudah diingat dari fisikawan ternama itu. 

Selama berdekade-dekade, foto tersebut menghiasi dinding banyak sekolah dan universitas. Namun sekarang, seseorang telah membeli foto aslinya seharga USD125 ribu atau setara Rp1,6 miliar. 

Seperti dikutip Livescience.com, Minggu 30 Juli 2017, foto yang telah ditandatangani Einstein itu terjual kepada seorang anonim di balai lelang Nate D. Sanders di Los Angeles, Amerika Serikat, pekan lalu. 

Hasil jepretan kamera itu diambil dalam pesta ulang tahun ke-72 Einstein di Universitas Princeton, 14 Maret 1951. 

Ketika itu, Einstein menjulurkan lidahnya setelah sekelompok fotografer memintanya berpose. Fotografer Arthur Sasse dari kantor berita UPI mendapatkan momen langka tersebut. 

Einstein menyukai foto tersebut. Ia bahkan meminta UPI membuatkan sembilan kopi foto untuk digunakan dalam kartu personalnya. 

Sebagian besar foto tersebut di-crop dengan hanya menyisakan wajah Einstein. Namun foto aslinya memperlihatkan Einstein diapit Frank Aydelotte, seorang profesor asal Inggris sekaligus kepala Institut Studi Lanjutan Universitas Princeton, dan istri Aydelotte, Marie Jeanette. Foto tersebut ditandatangani Eistein di bagian kiri bawah, "A. Einstein. 51."



Beragam foto, surat dan barang terkait Einstein lainnya biasa terjual dalam harga tinggi di balai lelang. 

Beberapa waktu lalu di tahun ini, seseorang menghabiskan hampir USD54 ribu untuk membeli surat Einstein kepada seorang guru fisika yang bertanya mengenai teori relativitas. 

Alkitab milik Einstein terjual USD68 ribu pada 2013. Surat yang ditujukan Einstein untuk pedagang topi di New York pada 1939 terjual USD12,500 di tahun 2014. 

Lelang "God Letter" milik Einstein mungkin adalah yang paling menyedot perhatian dalam beberapa tahun terakhir. Di surat itu, Einstein menyebut keyakinan beragama sebagai sesuatu yang "kekanak-kanakan." Surat itu terjual seharga lebih dari USD3 juta di situs eBay pada 2012.


(WIL)