Dubai Idamkan Moda Transportasi Taksi Terbang Tanpa Pengemudi

Arpan Rahman    •    Sabtu, 30 Sep 2017 16:25 WIB
peristiwa unik
Dubai Idamkan Moda Transportasi Taksi Terbang Tanpa Pengemudi
Helikopter tanpa pengemudi buatan Volocopter terbang di Dubai, 25 September 2017. (Foto: AFP/WAM)

Metrotvnews.com, Dubai: Warga Dubai berharap suatu hari nanti akan ada taksi tanpa pilot yang melayang di antara gedung pencakar langitnya.

Pekan ini, negara-kota di Uni Emirat Arab itu menjadi tuan rumah bagi para awak dari Volocopter, perusahaan Jerman yang memiliki prototipe dua helikopter bertenaga listrik bertenaga baterai. Dua helikopter itu bisa digunakan untuk terbang dan mendarat.

Dilansir Associated Press, Sabtu 30 September 2017, otoritas Dubai diharapkan membuat peraturan untuk mengatur kendaraan terbang tersebut dalam lima tahun ke depan.

Perancang Volocopter membayangkan helikopter listrik bertenaga dua baterai bisa lepas landas dan mendarat di seantero kota Dubai.

Prototipe yang digunakan di Dubai memiliki waktu terbang maksimum 30 menit dalam kecepatan 31 mil per jam (50 km/jam), dengan kecepatan maksimum 100 km/jam. Baterainya dapat dicopot, diisi ulang dan dipasang kembali sesuai kebutuhan.

"Saya yakin taksi urban ini dapat berkontribusi pada moda transportasi modern," ucap CEO Volocopter, Florian Reuter. 

"Ada beberapa rute yang sangat menguntungkan jika Anda dapat pergi ke dimensi ketiga," lanjut dia. 

Pemimpin Dubai, Syekh Mohammed bin Rashid Al Maktoum, mengaku menginginkan 25 persen dari semua perjalanan penumpang di kotanya dilakukan oleh kendaraan tanpa sopir pada 2030. 

Dalam praktiknya, helikopter Volocopter ini masih sulit dioperasikan dalam kehidupan sehari-hari. Salah satu penghambatnya adalah belum adanya aturan mengenai kendaraan terbang tanpa pengemudi. Belum lagi ditambah beragam faktor lainnya, terutama keamanan.


(WIL)