Wanita AS Lahirkan Bayi dari Embrio Beku Berusia 25 Tahun

Marcheilla Ariesta    •    Kamis, 21 Dec 2017 12:07 WIB
peristiwa unik
Wanita AS Lahirkan Bayi dari Embrio Beku Berusia 25 Tahun
Ilustrasi: Metrotvnews.com

Tennessee: Wanita Amerika Serikat (AS), tepatnya di kota Knoxville, Tennesse berhasil melahirkan bayi perempuan yang sehat dari embrio yang dibekukan seperempat abad lalu. Menurut pejabat rumah sakit, mungkin hal itu menjadi rekor dunia.
 
Bayi yang diberi nama Emma Wren Gibson lahir pada 25 November lalu. Namun, National Embryo Donation Center (MEDC) di Knoxville, Tennessee mengumumkan kelahirannya pekan ini.
 
Embrio ini dikandung oleh pasangan lain dan dibekukan pada 14 Oktober 1992.
 
"Emma Wren dilahirkan oleh wanita yang lahir pada tahun 1991," ujar Direktur Pemasaran NEDC Mark Mellinger, dikutip dari AFP, Kamis 21 Desember 2017.
 
Gibson mengaku dirinya terkejut saat dirinya hamil dengan embrio yang dibekukan seperempat abad itu.
 
"Saya tidak diberitahu oleh dokter sampai saya hamil. Baru mereka mengatakan kalau embrio tersebut telah dibekukan lebih dari 24 tahun lalu. Saya hanya menatap mereka, dengan tatapan 'apakah Anda bercanda?' Namun mereka ternyata serius," cerita Gibson.
 
Dia menambahkan dia dan Emma Wren bisa berteman baik. Pasalnya, embrio yang menjadi Emma Wren usianya hanya terpaut satu tahun dari sang ibu, Gibson.
 
Mellinger menyebutkan bahwa Gibson dan suaminya memilih embrio berdasarkan profil karakteristik genetik. Namun, dia tidak mengatakan pada mereka berapa lama embrio tersebut dibekukan.
 
Gibson ditanamkan dengan tiga embrio, namun hanya satu yang selamat. Meski demikian, dua embrio lainnya itu berasal dari orangtua biologis yang sama.
 
Embrio ini disebut-sebut sebagai embrio terpanjang yang sukses lahir. Sebelumnya, rekor tersebut diberikan pada seorang bayi laki-laki yang lahir dari embrio berusia 20 tahun. Bayi itu lahir pada November 2011.



(FJR)


Pameran Replika Stasiun Kereta Api Bersejarah di AS

Pameran Replika Stasiun Kereta Api Bersejarah di AS

6 hours Ago

Ribuan pengunjung setiap tahun datang ke U.S. Botanic Garden atau Kebun Raya AS di Washington untuk…

BERITA LAINNYA