London Terapkan Pajak Kamar Hotel Bagi Wisatawan

Sonya Michaella    •    Sabtu, 04 Feb 2017 17:04 WIB
peristiwa unik
London Terapkan Pajak Kamar Hotel Bagi Wisatawan
London kenakan pajak kamar hotel bagi wisatawan (Foto: Independent)

Metrotvnews.com, London: Ibu Kota Inggris, London, kini menerapkan peraturan baru, yakni menambah pajak bagi penghuni hotel. Pajak tersebut berlaku bagi 2.100 hotel budget yang tersebar di London.

Dilansir Independent, Sabtu (4/2/2017), pajak yang dibebankan kepada penghuni adalah sebesar lima persen per kamar per malam.

Wali kota London, Sadiq Khan, mengatakan bahwa ia menginginkan wisatawan yang datang benar-benar memberikan kontribusi pada kota dengan salah satu biaya hidup termahal di dunia itu.

"Jika melihat kota lain di dunia, kota-kota besar juga memiliki pajak wisatawan satu hingga dua persen. Ini upaya untuk tetap memastikan London tetap spesial bagi wisatawan," ucap Sadiq.

Menurut pemerintah daerah London, beban lima persen dapat menyumbang hingga 240 juta poundsterling atau lebih dari Rp4 triliun per tahun ke kas daerah.

Greater London Assembly (GLA) mengatakan pariwisata kota tersebut dibebankan biaya baru untuk meningkatkan pelayanan publik seperti jaringan transportasi publik, kebersihan umum, polisi, dan pelayanan kesehatan.

GLA juga menyebut bahwa pajak tersebut dapat digunakan untuk atraksi budaya dan pariwisata serta promosi London, atau pelatihan serta pendidikan kepariwisataan. 

Namun, ada pula yang tak setuju, misalnya agen perjalanan atau wisata. Pasalnya, harga pariwisata di Inggris terhitung sudah dua kali lebih tinggi dibanding rata-rata berwisata ke negara Eropa lainnya.

Mereka menyebut keputusan tersebut justru akan menurunkan angka wisatawan dan tamu hotel. Hal ini dianggap akan berdampak luas pada perekonomian London.

London diketahui memiliki lebih dari 2.100 hotel dengan total 15 ribu kamar, dan 25 ribu kamar pada jaringan Airbnb. 


(FJR)