PM Tonga Menantang Pemimpin Pasifik Lomba Diet

Marcheilla Ariesta    •    Jumat, 17 Aug 2018 12:03 WIB
dunia unik
PM Tonga Menantang Pemimpin Pasifik Lomba Diet
Para pemimpin Pasifik ditantang berdiet oleh PM Tonga. (Foto: Getty Images).

Nuku'alofa: Perdana Menteri Tonga Akilisi Pohiva menantang pemimpin Pasifik lainnya untuk berdiet. Lomba diet ini akan dilakukan selama setahun untuk menjadi teladan bagi komunitas nasional mereka.

"Ini berhubungan dengan kebiasaan makan dan gaya hidup kita. Dan itu adalah masalah kompleks bagi masyarakat Pasifik," ucap Pohiva, dilansir dari laman BBC, Jumat 17 Agustus 2018.

"Saya akan bertemu dengan pemimpin Pulau Pasifik, kami bertemu dan membicarakan masalah ini, namun inisiatif pada masalah ini tidak ada," imbuh dia.

Dia mengatakan akan mengusulkan ide kompetisi diet kepada rekan-rekannya dalam agenda tahunan Forum Pulau Pasifik di akhir bulan ini. Menurut dia, tantangan ini bukan mengenai berapa banyak kilogram yang hilang dari tubuh.

"Tapi untuk melepaskan berat badan, Anda harus makan lebih sedikit dan memiliki mentalitas yang sehat untuk bepergian," tuturnya.

Sebanyak 10 pulau di Pasifik berada di peringkat teratas negara paling obesitas di dunia. Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mencatat 90 persen populasi di wilayah tersebut kelebihan berat badan.

Impor makanan olahan dan daging berlemak dianggap menjadi salah satu penyebab obesitas di negara tersebut. Pasalnya, masyarakat jadi menjauhi diet tradisional, yaitu memakan ikan dan sayuran.


(FJR)