Diharapkan Pecahkan Rekor, Komik Tintin Dilelang

Arpan Rahman    •    Sabtu, 19 Nov 2016 16:59 WIB
peristiwa unik
Diharapkan Pecahkan Rekor, Komik Tintin Dilelang
Komik Tintin yang dilelang (Foto: AFP).

Metrotvnews.com, Paris: Dua edisi orisinil komik Tintin diharapkan memecahkan rekor, Sabtu 19 November, saat dilelang di Paris.
 
Yang pertama, berjudul "Penjelajahan di Bulan", secara luas dianggap salah satu dari dua petualangan terbaik Tintin, diperkirakan laku hingga USD1 juta.
 
Di halaman, bertajuk "Kami jalan-jalan di bulan", tergambar si reporter cilik, anjingnya Snowy, dan sahabat karib yang konyol Kapten Haddock menjejakkan langkah pertama di bulan, mereka keluar dari roket merah-putih.
 
Komik yang pertama kali dirilis tahun 1954 ini dipandang sebagai salah satu karya ulung Herge. Rumah lelang Artcurial, Paris, menaksir nilainya USD950 ribu.
 
Mendiang seniman Belgia itu sudah memegang rekor dunia untuk penjualan komik strip.
 
Sebuah halaman ganda digambar dengan tinta yang berfungsi sebagai sampul sebelah dalam, berisi semua petualangan Tintin, yang diterbitkan antara tahun 1937 sampai 1958, terjual USD3,7 juta kepada seorang penggemar asal Amerika, dua tahun lalu.
 
Lelang diharapkan memecahkan rekor untuk komik tunggal. Rumah lelang saingan Christie tersebut menunjukkan gambar langka lainnya karya Herge yang terpisah untuk selanjutnya dijual di Paris.
 
Disebutkan bahwa gambar itu sebuah halaman dari cerita yang belum selesai "Tintin dan Thermozero" -- diperkirakan berharga 250.000 Euro -- ini kali pertama muncul di pasar.
 
Mengapa Herge tidak pernah menyelesaikan kisah spionase dan senjata rahasia yang menakutkan dengan latar belakang Perang Dingin, adalah salah satu misteri besar untuk kaum Tintin-ologis (penggila komik Tintin).
 
Herge bergumul dengan cerita itu selama bertahun-tahun, "mulai akhir tahun 1950-an", kata Christie, tetapi tidak pernah menyudahi lebih dari delapan halaman.
 
Kapten Haddock mabuk
 
Pakar komik di Artcurial, Eric Leroy, menggambarkan "Penjelajahan di Bulan" sebagai "momen kunci dalam sejarah seni komik, telah menjadi mitos bagi banyak pecinta dan kolektor komik."
 
"Ini salah satu yang paling penting dari periode pascaperang Herge, pada tingkat yang sama seperti 'Tintin di Tibet' dan 'Permata Castafiore'," tambahnya seperti dilansir AFP, Sabtu (19/11/2016).
 
Cerita lengkap petualangan Tintin di bulan dimulai dari "Ekspedisi ke Bulan" (1953) dan fitur beberapa episode lucu, termasuk Haddock mabuk wiski dan mengambang ke luar angkasa kemudian menjadi satelit dari asteroid Adonis.
 
Lalu beralih cerita, Tintin menggagalkan rencana kekuatan asing misterius untuk membajak roket lewat kejahatan penumpang gelap yang rupanya mata-mata, Kolonel Jorgen.
 
Komik bulan dijual bersama 20 sketsa tinta yang dibuat Herge untuk serangkaian kartu ucapan Tahun Baru yang dikenal sebagai "kartu salju".
 
Seluruh kartu diharapkan laku dengan nilai satuan antara 60.000 sampai 120.000 Euro, menurut estimasi Artcurial.
 
Harga untuk seni kartun telah dikalikan sepuluh kali lipat dalam dekade terakhir, menurut pemilik galeri Daniel Maghen, yang juga bekerja di bidang seni komik.
 
Penjualan ini muncul saat Tintinmania lagi mencengkeram ibu kota Prancis, dan Herge saat ini jadi subjek pameran retrospektif besar di Grand Palais.



(FJR)

BDF IX Berakhir, Demokrasi Masih Hadapi Banyak Tantangan

BDF IX Berakhir, Demokrasi Masih Hadapi Banyak Tantangan

1 day Ago

Bali Democracy Forum (BDF) IX resmi ditutup. Sejak pertama kali diadakan pada 2008, tingkat keikutsertaan…

BERITA LAINNYA