22 Ribu Orang Saling Lempar Tomat di Spanyol

Sonya Michaella    •    Kamis, 31 Aug 2017 21:00 WIB
peristiwa unikspanyol
22 Ribu Orang Saling Lempar Tomat di Spanyol
Para peserta berlumuran tomat dalam festival di Bunol, Spanyol, 30 Agustus 2017. (Foto: AFP/JAIME REINA)

Metrotvnews.com, Madrid: Sekitar 22 ribu orang berkumpul di sebuah kota kecil bernama Bunol di Spanyol untuk merayakan Festival Tomat.

Lebih dari 165 ton tomat tersedia untuk saling dilemparkan. Berton-ton tomat tersebut diangkut enam truk besar ke alun-alun utama kota yang berjarak 25 mil dari Valencia.

Dikutip Independent, Kamis 31 Agustus 2017, keamanan diperketat di kawasan tersebut, mengingat Barcelona baru saja dilanda serangan teror. Sekitar 700 anggota polisi dikerahkan untuk berjaga-jaga dan memastikan keamanan.

Setelah perayaan berakhir, 80 petugas akan membersihkan alun-alun kota dari lautan tomat.

"Dalam waktu dua jam, kota akan kembali bersih dari tomat. Festival ini sangat menyenangkan," kata Wali Kota Bunol, Juan Carlos Moragues. 


Festival tomat di Bunol. (Foto: AFP)

Festival Tomat telah menjadi tradisi warga Spanyol sejak 1945. Biasanya, festival akan dimulai pada pukul 11.00 siang dan berlangsung selama satu jam. Setelah itu, festival akan diakhiri dengan penembakan meriam air.

Jurnalis dari seluruh dunia berkesempatan meliput dan merasakan serunya Festival Tomat, seperti dari India dan Korea Selatan.

Namun dalam beberapa tahun terakhir, festival ini semakin dikritik karena dinilai sebagai sebuah pemborosan. Pasalnya, harga tomat di Spanyol termasuk tinggi. Tetapi, panitia bersikeras bahwa tomat yang digunakan untuk festival adalah tomat tak layak jual. 



(WIL)