Terlalu Banyak Pengunjung, Thailand akan Tutup The Beach

Marcheilla Ariesta    •    Kamis, 29 Mar 2018 12:28 WIB
thailand
Terlalu Banyak Pengunjung, Thailand akan Tutup The Beach
Thailand akan tutup The Beach karena terlalu banyak pengunjung. (Foto: AFP).

Bangkok: Thailand akan menutup Maya Bay, atau yang dikenal The Beach, selama empat bulan sejak Juni mendatang.

Keputusan untuk 'mengusir' pengunjung ini akan diresmikan pada 27 Mei mendatang oleh taman nasional dan departemen satwa liar Thailand.

"Pulau-pulau memiliki ekosistem rapuh yang tidak bisa menampung begitu banyak orang. Lagi pula, ada polusi dari kapal dan hotel di tepi pantai," kata ahli kelautan Bangkok, Thon Thamrongnawasawat, seperti dilansir dari laman Channel News Asia, Kamis 29 Maret 2018.

Dia menambahkan, terumbu karang telah terdegradasi lantaran air laut yang hangat akibat terlalu banyak orang. "Terkadang, penutupan penuh adalah satu-satunya cara bagi alam untuk pulih," kata dia.

Lebih dari tiga perempat terumbu karang Thailand rusak akibat naiknya suhu laut. Ini merupakan akibat dari pariwisata tak terkendali. Thon sendiri merekomendasikan untuk membatasi pengunjung menjadi enam juta setahun untuk memulihkan 22 taman laut di Thailand.

"Hingga bulan ketiga ini, sudah ada 5,5 juta pengunjung," katanya.

Thailand menutup beberapa lokasi penyelaman bagi para wisatawan pada 2011. Insiden itu terjadi usai suhu laut yang luar biasa hangat yang menyebabkan kerusakan parah pada terumbu karang di Laut Andaman.

The Beach sendiri merupakan salah satu pantai terkenal Thailand yang dipakai syuting film The Beach yang dibintangi Leonardo DiCaprio. Pantai itu menyumbang 12 persen dari ekonomi negara.


(FJR)


Solusi Damai AS Akan Buat Kesal Palestina dan Israel

Solusi Damai AS Akan Buat Kesal Palestina dan Israel

3 hours Ago

Duta Besar AS untuk PBB Nikki Haley, mendesak Dewan Keamanan PBB untuk mendukung proposal Gedung…

BERITA LAINNYA