Bom PD II Buat Ribuan Warga Hong Kong Dievakuasi

Arpan Rahman    •    Kamis, 01 Feb 2018 21:09 WIB
hong kong
Bom PD II Buat Ribuan Warga Hong Kong Dievakuasi
Bomb disposal experts including Adam Roberts defused the American WWII-era bomb on Hong Kong's harbourfront. (Photo:AFP/Anthony Wallace)

Hong Kong: Sebuah bom sisa perang berhasil dijinakkan di Hong Kong, pada Kamis 1 Februari 2018. Proses penjinakan bom memaksa sebuah distrik komersial ditutup, jalan-jalan dibarikade dan ribuan orang dievakuasi.

Ini kali kedua dalam sepekan sebuah bom milik Amerika Serikat (AS) yang jatuh saat Perang Dunia II ditemukan di kawasan Wan Chai.

Sseorang pekerja konstruksi menemukan bom pada Rabu pagi 31 Januari 2018. Penjinak bom lalu berupaya untuk mengamankan lokasi sepanjang malam. 

"Operasi memindahkan bom itu kotor, sulit, dan berbahaya," petugas penjinak bom Alick McWhirter mengatakan kepada wartawan, seperti dilansir AFP, Kamis 1 Februari 2018.

"Hujan, lokasi yang rumit serta mekanisme sekering yang sulit terlihat menambah tantangan," kata McWhirter.

Para ahli memotong lubang besar melalui kerangka bom itu untuk membakar bahan-bahan peledak di dalamnya sebelum sebuah derek mengangkat bom.

Kawasan ini merupakan lokasi pertempuran sengit antara pasukan Jepang dan sekutu Inggris pada 1941.Polisi menjinakkan bom perang dengan berat hampir satu ton pada 2014.

 


(WAH)