ASEAN-India Diharapkan Beri Manfaat Lebih untuk Masyarakat

Marcheilla Ariesta    •    Minggu, 07 Jan 2018 15:14 WIB
aseanasean-india
ASEAN-India Diharapkan Beri Manfaat Lebih untuk Masyarakat
Penutupan Forum Diskusi ASEAN-India di Jakarta, Minggu 7 Januari 2018. (Foto: Marcheilla Ariesta)

Jakarta: Kerja sama India-ASEAN saat ini sedang dalam tren yang terus meningkat. Sayangnya, kerja sama tersebut masih belum banyak memberi manfaat langsung bagi masyarakat.

Dalam pernyataan penutupnya, Direktur Kerja Sama Eksternal ASEAN Kementerian Luar Negeri Indonesia Benny Siahaan menuturkan harapannya, agar kerja sama tersebut bisa memberikan hasil konkret. 

"Kita inginnya hubungan lebih erat lagi dengan India. Ke depannya kerja sama perlu lebih erat, konkret, dan berdampak baik bagi masyarakat keduanya," ujar Benny, dalam penutupan Forum Diskusi ASEAN-India, Jakarta, Minggu 7 Januari 2018.

Benny menuturkan budaya yang mirip antara ASEAN dengan India seharusnya bisa membuat kerja sama semakin banyak, terutama di bidang perdagangan dan antarmasyarakat.

Sementara itu Ketua Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Bambang Subiyanto menyebutkan harus ada keinginan lebih dari India dan negara-negara anggota ASEAN untuk mempererat hubungan. Dengan demikian, hubungan keduanya akan semakin baik di masa mendatang.

Baca: Menlu RI: ASEAN-India Harus Kuatkan Pengamanan Pasifik-Hindia

"Kalau hubungan ASEAN dan India semakin baik, akan banyak peluang tercipta," terangnya.

Duta Besar India untuk ASEAN Suresh Reddy sepakat bahwa hubungan harus semakin kuat dan kerja sama juga harus dipererat. Ia menyatakan India tengah fokus meningkatkan kerja sama dengan ASEAN yang menjadi dianggap sebagai salah satu mitra penting di kawasan.

India juga memiliki Perjanjian Koperasi Ekonomi Komprehensif dengan berbagai negara ASEAN.

Sejauh ini, ASEAN sudah menjadi mitra terbesar keempat dalam kerja sama di bidang ekonomi dengan India. Sejak 2016, perdagangan India dengan ASEAN meningkat hingga USD70 juta atau setara Rp939 miliar.



(WIL)

Myanmar Sepakat Terima 1.500 Rohingya Setiap Pekan

Myanmar Sepakat Terima 1.500 Rohingya Setiap Pekan

4 hours Ago

Myanmar menyanggupi akan menyediakan tempat penampungan sementara bagi Rohingya yang kembali.

BERITA LAINNYA