Ingin Lihat Kerja Televisi Indonesia Jurnalis Tunisia Sambangi Metro TV

Marcheilla Ariesta    •    Rabu, 29 Nov 2017 15:56 WIB
metro tv
Ingin Lihat Kerja Televisi Indonesia Jurnalis Tunisia Sambangi Metro TV
Jurnalis Tunisia mengunjungi redaksi Metro TV (Foto: Marcheilla Ariesta).

Jakarta: Sejumlah jurnalis asal Tunisia menyambangi kantor redaksi Metro TV. Para jurnalis ini mendapat kesempatan berkunjung ke Indonesia dari Kedutaan Besar RI di Tunisia.
 
Para jurnalis ini berasal dari dua televisi di Tunisia, yaitu Television Tunisienne 1 dan Elhiwar. Jalel Lakhdar, Kepala Hubungan Eksternal sekaligus jurnalis Television Tunisienne1 mengatakan bahwa kedatangan mereka ke Metro TV ingin mengetahui cara kerja pertelevisian di Indonesia.
 
"Kami sangat senang mendapatkan kesempatan ke Metro TV. Kedatangan kami untuk mengetahui bagaimana cara kerja pertelevisian di Indonesia. Salah satu yang terbesar yang kami tahu adalah Metro TV," ujarnya saat ditemui di Ruang Meeting Executive Metro TV, Jakarta, Rabu, 29 November 2017.
 
Dia menuturkan saat melihat program pagi di Metro TV, dia teringat dengan program yang ada di televisi mereka. Para jurnalis ini juga bertanya program apa saja yang ada di Metro TV.
 
Direktur Teknik Metro TV, Wayan Eka Putra menjelaskan bahwa Metro TV merupakan televisi pertama di Indonesia yang berfokus pada berita. 
 
"Program kita lebih berfokus pada berita. Kami menjadi pelopor televisi berita di Indonesia," ujarnya.

Salah satu peserta yang merupakan asisten produksi Elhiwar, Mohammad Zied Bouazizi mengatakan bahwa sistem produksi di Metro TV cukup berbeda dengan di stasiun televisi tempatnya bekerja. Tak hanya melulu berita, di Elhiwar juga disajikan beberapa program lain, seperti salah satunya Dari Deco.
 
"Dari Deco itu merupakan program bedah rumah. Kami datang ke rumah orang-orang miskin, mengubah mimpi mereka memiliki rumah layak jadi kenyataan. Di program ini banyak orang yang bahagia hingga menangis saat melihat rumah mereka jadi bagus," serunya saat berbincang dengan Metrotvnews.com.
 
Sekretaris III KBRI Tunisia, Nadia Marlene Eunike, mengatakan program Jurnalist Visit merupakan kegiatan rutin yang diadakan oleh kantor perwakilan Indonesia di Tunis tersebut. Dia menambahkan, program ini dilakukan dengan tujuan untuk menjalin kerja sama antarmedia di Indonesia dan Tunisia.
 
Para jurnalis dari Tunisia yang hadir, antara lain adalah Jalel Lakhdar dan Amel Mahjoubi dari Television Tunisienne 1, kemudian Mohammad Zied Bouazizi, Mohammed Hedi Zaeim dan Sofien ben Atallah dari Elhiwar, serta yang mendampingi mereka ada Nadia Merlene Eunike dan Rim Ferjani dari KBRI Tunisia.



(FJR)