Mahathir Kunjungi Anwar Ibrahim Tanpa Surat Izin Khusus

Marcheilla Ariesta    •    Kamis, 11 Jan 2018 16:57 WIB
malaysiapolitik malaysia
Mahathir Kunjungi Anwar Ibrahim Tanpa Surat Izin Khusus
Mahathir Mohamad dilarang jenguk Anwar Ibrahim. (Foto: AFP/ Manan Vatsyayana).

Putrajaya: Direktur Jenderal Departemen Penjara Malaysia Datuk Seri Zulkifli Omar, menuturkan keputusan menolak Mahathir Mohamad mengunjungi Anwar Ibrahim berasal dari kebijakannya. Pasalnya, mantan Perdana Menteri Malaysia itu tidak membawa surat izin khusus untuk mengunjungi pemimpin oposisi yang masih dalam masa tahanan tersebut.
 
"Jadi, kita hanya berdasar pada peraturan penjara. Dr. Mahathir tidak ada permohonan resmi untuk mengunjungi Anwar Ibrahim," ucapnya dalam jumpa pers di Kementerian Dalam Negeri, Putrajaya, Kamis 11 Januari 2018.
 
Dilaporkan Star TV, Mahathir diharuskan memiliki surat izin khusus untuk bertemu apalagi menjenguk Anwar Ibrahim. Pasalnya, yang bersangkutan masih dalam tuntutan hukum.
 
"Kalau ada permohonan pun, kita akan melihat dan mempertimbangkan, jadi belum pasti bisa lolos," ungkapnya.
 
Zulkifli mengatakan lolos atau tidaknya permohonan tersebut akan dinilai oleh sipir penjara. Jika dianggap akan menimbulkan ancaman atau kontroversi, maka bisa saja permohonan tersebut dibatalkan.
 
Selain itu, ucapnya, terdakwa juga berhak untuk menerima atau menolak kunjungan tersebut.
 
"Keluarga boleh mengunjungi terdakwa di rumah sakit, namun tidak orang lain. Harus ada izin khusus. Dan kita juga melihat jika kunjungan itu menimbulkan kontroversi, atau mengancam keamanan dan lain sebagainya," lanjut dia.

(Baca: Mahathir Mohamad Dilarang Menjenguk Anwar Ibrahim)
 
Wakil Perdana Menteri, Datuk Seri Ahmad Zahid Hamidi, yang juga hadir dalam konferensi pers itu juga mengatakan tidak ada campur tangan Perdana Menteri Najib Razak atau menteri lainnya.
 
"Saya memberikan kepercayaan penuh kepada kepala departemen di bawah Kementerian Dalam Negeri," serunya.
 
Otoritas penjara melarang calon Perdana Menteri Malaysia, Mahathir Mohamad menjenguk pemimpin oposisi yang masih dalam masa tahanan, Anwar Ibrahim.
 
Mahathir mengaku kecewa karena dilarang bertemu dengan orang yang diduga akan menjadi sekutunya melawan kekuasaan PM Najib Razak tersebut.
 
Padahal, aku Mahathir, kedatangannya ke rumah sakit untuk maksud baik, yakni ingin berterima kasih karena Anwar tidak menolak ketika koalisi oposisi, Pakatan Harapan, menunjuknya sebagai calon perdana menteri dalam pemilihan umum tahun ini.

(FJR)


Grup Amal Texas Tampung 30 Imigran yang Ditahan AS

Grup Amal Texas Tampung 30 Imigran yang Ditahan AS

1 hour Ago

Para imigran itu ditampung usai otoritas AS mencabut dakwaan hukum atas tuduhan memasuki wilayah…

BERITA LAINNYA