ASEAN Harus Cepat Tanggap Hadapi Situasi di Kawasan

Marcheilla Ariesta    •    Kamis, 18 Jan 2018 18:52 WIB
asean
ASEAN Harus Cepat Tanggap Hadapi Situasi di Kawasan
Direktur Jenderal Kerja Sama ASEAN Kementerian Luar Negeri RI Jose Tavares (Foto: Marcheilla Ariesta).

Jakarta: Direktur Jenderal Kerja Sama ASEAN Kementerian Luar Negeri Jose Tavares menegaskan ASEAN harus cepat tanggap dalam menghadapi segala situasi di kawasan.
 
"ASEAN harus bergerak lebih cepat dengan semua situasi dan tantangan yang ada di kawasan," ucapnya dalam diskusi ASEAN Outlook 2018, di Habibie Center, Jakarta, Kamis 18 Januari 2018.
 
Jose mencontohkan Indonesia selalu lebih dulu dalam menemukan solusi dari masalah di ASEAN, misalnya krisis kemanusiaan di Rakhine dan maslaah terorisme di Marawi.
 
"ASEAN harusnya bisa lebih agile, lebih cepat. itu namanya collective leadership (kepemimpinan bersama), jadi tidak hanya Indonesia, tapi juga bersama-sama," imbuhnya.
 
Menurut dia, ini merupakan kritik dari Indonesia untuk ASEAN. Karena Indonesia tidak harus selalu menjadi pemimpin dalam bergerak membantu sesama negara anggota ASEAN.
 
"Kita tidak khawatir jika ada negara lain tampil dengan ide lebih bagus. Malahan kita support (dukung)," ucapnya.
 
Tak hanya Jose, Evi Fitriani, kepala studi ASEAN Universitas Indonesia juga mengkritik ASEAN. Menurut dia, ASEAN masih selalu mementingkan kepentingan dalam negeri dibanding bersama. 
 
Hal ini, yang menjadi penghalang persatuan ASEAN. Padahal, ASEAN memiliki banyak kesempatan untuk saling berdiskusi membahas berbagai kepentingan masing-masing negara anggota, yang dapat diselesaikan bersama.



(FJR)