Pertama Kali Usai Perang, Kapal Induk AS Berlayar ke Vietnam

Sonya Michaella    •    Senin, 05 Mar 2018 11:32 WIB
amerika serikatvietnam
Pertama Kali Usai Perang, Kapal Induk AS Berlayar ke Vietnam
Kapal induk AS, USS Carl Vinson. (Foto: AFP)

Hanoi: Untuk pertama kali sejak berakhirnya Perang Vietnam, Amerika Serikat (AS) mengirim kapal induk USS Carl Vinson berlayar ke kota pelabuhan Da Nang.

"Ini adalah langkah besar dan cukup bersejarah. Kami berharap bisa bekerja sama dengan Vietnam dengan isu-isu terkait," kata Komandan Carl Vinson, John V. Fuller, dikutip dari New York Times, Senin 5 Maret 2018.

Kedatangan lima pelaut USS Carl Vinson tersebut menandai pertama kalinya kontingen besar personel militer AS mendarat di tanah Vietnam, sejak pasukan terakhir mundur pada 1975.

Selama empat hari, para personel militer AS akan mengunjungi sebuah panti asuhan dan juga pusat korban Agent Orange, racun yang diduga dipakai AS untuk meracuni pasukan Vietnam.

Mereka juga akan melakukan kegiatan olahraga bersama pasukan militer Vietnam.

Sebelum berlayar ke Vietnam, USS Carl Vinson telah lebih dulu berlayar ke Laut China Selatan. 

Beberapa pakar pun mengomentari gerak AS ini yang mungkin saja akan membuat Tiongkok murka. Pasalnya, Tiongkok dan Vietnam adalah rival dalam memperebutkan kawasan Laut China Selatan.

"Kesepakatan Hanoi untuk menerima Washington menunjukkan kecemasan Pemerintah Vietnam tentang apa yang dilakukan Tiongkok di Laut China Selatan," ujar pakar hukum internasional AS, Murray Hiebert.

Meskipun AS bukan salah satu negara yang mengklaim Laut China Selatan, namun keberadaannya di perairan strategis tersebut dinilai cukup penting dan berpengaruh. 


(WIL)