Soal Bantuan, Pemerintah RI Disarankan Langsung Datangi Rakyat

Sonya Michaella    •    Selasa, 13 Feb 2018 15:21 WIB
dana bantuanindonesia-belanda
Soal Bantuan, Pemerintah RI Disarankan Langsung Datangi Rakyat
Ratu Maxima ketika diterima oleh Menko PMK, Puan Maharani. (Foto: Sonya/medcom)

Jakarta: Utusan Khusus dari Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) Ratu Maxima menyarankan kepada Indonesia agar pemerintah datang menghampiri rakyat.

"Saran Ratu Maxima seperti itu, dalam pemberian bantuan non tunai. Jadi pemerintah yang datang ke rakyat," kata Menteri Koordinator bidang Pemberdayaan Manusia dan Kebudayaan RI, Puan Maharani di Kemenko PMK, Jakarta, Selasa 13 Februari 2018.

"Maksudnya supaya rakyat tidak usah repot-repot ke bank untuk mengambil bantuan non tunai tapi ya kita yang menyambangi mereka," lanjut dia.

Dalam pertemuan dengannya, Ratu Maxima berfokus membahas sistem keuangan inklusi Indonesia. Ia juga mengapresiasi gerak pemerintah dalam memberikan bantuan kepada rakyat.

"Iya, Ratu Maxima memang memuji sistem bantuan non tunai kita. Sampai saat ini saja progam Keluarga Harapan sudah hampir mencapai target," ucap Puan lagi.

Terkait sistem bantuan non tunai ini, Ratu Maxima juga menyarankan agar pemerintah menyempurnakan basis data terpadu dengan maksud agar rakyat dapat mengakses dengan mudah.

Akses yang dimaksud adalah akses menuju ke tempat-tempat terpencil yang misalnya belum ada internet dan minim sinyal telepon selular. 

Soal penyaluran sinyal telepon selular, Puan pun mengaku sudah berkoordinasi dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika RI untuk segera mengembangkan sinyal telepon selular ke tempat-tempat yang sulit dijangkau. 



(WIL)