Lawan Korut, AS Terbangkan Pesawat Pengebom

Sonya Michaella    •    Selasa, 13 Sep 2016 10:50 WIB
nuklir korea utara
Lawan Korut, AS Terbangkan Pesawat Pengebom
Dua pesawat pengebom milik AS yang diterbangkan dari Guam (Foto: AP/Lee Jin-man)

Metrotvnews.com, Seoul: Dua pesawat pengebom milik Amerika Serikat diterbangkan dari Korea Selatan (Korsel) dalam unjuk kekuatan melawan Korea Utara (Korut) yang baru saja menguji coba nuklirnya yang kelima pada Jumat 9 September lalu.

Dua pesawat ini berjenis supersonik B-1B Lancers ini terbang sekitar 10.00 pagi waktu setempat, sejauh 64 kilometer dari Seoul. 

Masing-masing pesawat pengebom, yang terbang dari Pangkalan Udara Komando Pasifik AS, Andersen  di Guam, dikawal oleh jet tempur AS dan Korsel.

"Demonstrasi ini memberikan conton dari berbagai kemampuan militer dalam aliansi yang kuat untuk adanya pencegahan (uji coba nuklir)," kata Jenderal Gabungan Komando AS-Korsel, Vincent Brooks, seperti dikutip AFP, Selasa (13/9/2016).

"Uji coba nuklir Korut adalah eskalasi berbahaya dan merupakan ancaman yang tak dapat diterima. AS juga memiliki komitmen tak tergoyahkan untuk membela sekutu (Korsel)," lanjutnya lagi.

Ia menegaskan pula bahwa AS akan mengambil langkah yang diperlukan untuk melakukan segala cara, termasuk operasi yang baru saja terjadi.

"Kami juga akan melakukan penyebaran Terminal High Altitude Air Defense (THAAD) ke Semenanjung Korea," tambahnya.

Sementara itu, Korsel telah mengumumkan adanya rencana penyebaran THAAD di mana sistem pertahanan AS ini sangat canggih untuk melawan serangan nuklir dan rudal Korut.

Namun, Tiongkok menyatakan keberatan akan adanya penyebaran THAAD ini dan bersikeras kegiatan ini akan menambah ketegangan di kawasan.

Tak hanya Tiongkok, partai oposisi di Korsel juga keberatan dengan penyebaran THAAD tersebut karena dianggap akan merusak hubungan Korsel dengan Tiongkok.


(FJR)