Moon Jae-In Diproyeksikan Menangkan Pilpres Korsel

Wahyu Dwi Anggoro    •    Selasa, 09 May 2017 18:56 WIB
politik korsel
Moon Jae-In Diproyeksikan Menangkan Pilpres Korsel
CalonPresiden Korea Selatan Moon Jae-In (Foto:AFP/Jung Yeon-Je)

Metrotvnews.com, Seoul: Sebuah hasil exit poll memproyeksikan kandidat berhaluan sosialis asal Partai Demokrat Moon Jae-In memenangkan pemilihan presiden yang digelar di Korea Selatan hari ini.

Dilansir AFP, Selasa 9 Mei 2017, Moon meraih sekitar 41.4 persen suara, kandidat berhaluan konservatif asal Partai Liberal Hong Jyon-Poo meraih 23.3 persen suara, sementara kandidat berhaluan sentris asal Partai Rakyat Ahn Cheol-Soo meraih 21.8 persen suara.

Sekadar informasi, pilpres Korsel hanya diadakan dalam satu putaran di mana peraih suara terbanyak dinyatakan sebagai pemenang.

Pilpres diadakan setelah presiden Park Geun-Hye dilengserkan parlemen akhir tahun lalu karena presiden perempuan pertama Korsel tersebut diterpa skandal politik dan kasus korupsi.

"Saya merasakan keinginan yang kuat dari rakyat untuk sebuah perubahan pemerintahan," kata Moon sesudah dia memberikan hak suaranya.

Moon disebut akan mengubah kebijakan luar negeri Korsel. Dia diduga akan bersikap lunak terhadap Korea Utara. Dia juga ditengarai akan menjaga jarak dari Amerika Serikat.

Moon sempat menyatakan kesediannya untuk mengunjungi Pyongyang. Dia juga berencana menghidupkan kembali perundingan kerjasama antara kedua negara. Dia pun berniat membuka kembali kawasan industri bersama Kaesong.

AS baru-baru ini merealisasikan penempatan sistem rudal THAAD di Korsel. AS mengklaim sistem rudal tersebut akan memberikan perlindungan lebih untuk Korsel.

Tiongkok langsung mengecam keras keberadaan sistem rudal THAAD di Negeri Ginseng tersebut. Tiongkok menegaskan sistem rudal tersebut akan mengganggu kestabilan kawasan.

 


(WAH)


Jet Tempur AS Jatuh di Jepang, Pilot Berhasil Diselamatkan

Jet Tempur AS Jatuh di Jepang, Pilot Berhasil Diselamatkan

15 hours Ago

Sebuah jet tempur Angkatan Laut Amerika Serikat (AS) jatuh di laut lepas dari pulau Okinawa di…

BERITA LAINNYA