Tujuh Tewas dalam Kebakaran Kompleks Apartemen Seoul

Fajar Nugraha    •    Jumat, 09 Nov 2018 10:42 WIB
kebakaran rumah
Tujuh Tewas dalam Kebakaran Kompleks Apartemen Seoul
Ilustrasi oleh Medcom.id

Seoul: Peristiwa kebakaran terjadi di sebuah kompleks apartemen murah di Seoul, Korea Selatan (Korsel). Tujuh penyewa dilaporkan tewas dan 11 lainnya terluka.
 
"Jumat 9 November 2018 pagi waktu setempat, kobaran api melanda sebuah kompleks apartemen tiga lantai di Seoul," kata pihak pemadam kebakaran, seperti dikutip AFP.
 
Korban yang tewas dan terluka kebanyakan adalah buruh biasa atau pedagang kaki lima yang berusia antara  40 hingga 60 tahun. Mereka diketahui tinggal di gedung bobrok, yang tidak memiliki alat pemadam.
 
"Saya mendengar teriakan dan kemudian berlari keluar. Lalu saya melihat gedung itu dipenuhi oleh banyak asap dan api," kata seorang pengusaha berusia 61 tahun yang tinggal di seberang jalan kepada Yonhap, yang dikutip AFP, Jumat, 8 November 2018.
 
Dengan struktur yang rumit dengan koridor sempit, bangunan ini sangat rentan terhadap kebakaran. Dilaporkan lebih dari 250 kebakaran terjadi selama lima tahun terakhir.
 
Korea Selatan dikenal sebagai negara yang maju secara teknologi dan telah meningkat menjadi ekonomi terbesar ke-11 di dunia. Tetapi banyak orang yang tertinggal untuk bertahan hidup.
 
Penyewa yang berpenghasilan rendah sering tinggal di gedung-gedung dengan apartemen yang dilengkapi satu tempat tidur kecil. Umumnya tempat tinggal semacam ini disukai oleh para pelamar yang mempersiapkan berbagai ujian negara dan dikenal sebagai Goshiwon.


(FJR)