Gempa Berpotensi Tsunami, Warga Jepang Diminta Mengungsi

Willy Haryono    •    Selasa, 22 Nov 2016 05:10 WIB
gempa bumi
Gempa Berpotensi Tsunami, Warga Jepang Diminta Mengungsi
Agensi Meteorologi Jepang memperlihatkan grafik gempa bumi 6,8 SR yang terjadi di Negeri Sakura pada 12 Juli 2014. (Foto: AFP)

Metrotvnews.com, Fukushima: Otoritas Jepang meminta warga, terutama di prefektur Fukushima, untuk mengungsi ke tempat aman setelah gempa bumi berkekuatan 7,3 Skala Richter (SR) mengguncang pada Selasa 22 November waktu setempat. 

Agensi Meteorologi Jepang mengeluarkan peringatan tsunami, dengan perkiraan gelombang dapat mencapai hingga tiga meter. Peringatan tsunami berlaku untuk wilayah pesisir utara Jepang. 

Kantor berita NHK meminta publik Jepang untuk pergi ke tempat aman. "Mohon jangan berpikir Anda aman saat ini. Mohon mengungsi ke dataran tinggi," imbau NHK

"Bahkan jika Anda tinggal di daerah yang jauh dari pesisir pun, mohon untuk pergi dan mengungsi," lanjutnya. 

Menurut laporan Badan Survei Geologi Amerika Serikat (USGS), guncangan berlokasi 67 kilometer dari Iwaki, prefektur Fukushima. Kedalaman gempa mencapai sepuluh km.

Prefektur Fukushima terletak di utara Tokyo dan merupakan tempat berdirinya fasilitas pembangkit tenaga nuklir Fukushima Daiichi. Saat gempa bumi dahsyat melanda Jepang pada 2011, Fukushima Daiichi mengalami kebocoran terparah dalam sejarah Jepang.


Lokasi gempa 7,3 SR di Fukushima. (Foto: USGS)


(WIL)