Fakta Baru Muncul di Kasus Siti Aisyah

Sonya Michaella    •    Jumat, 25 May 2018 11:11 WIB
pembunuhan kim jong-nam
Fakta Baru Muncul di Kasus Siti Aisyah
Siti Aisyah. (Foto: AFP)

Jakarta: Kasus pembunuhan Kim Jong-nam, kakak tiri pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong-un, masih bergulir. Dua tersangka juga masih menjalani sidang, yaitu Siti Aisyah asal Indonesia dan Doan Thi Huong asal Vietnam.

Siti Aisyah akan menjalani sidang berikutnya pada 27-29 Juni mendatang. Direktur Perlindungan WNI dan Badan Hukum Indonesia Kemenlu RI Lalu Muhamad Ibqal mengatakan, kondisi Siti hingga sekarang, baik-baik saja.

"Kami memantau terus. Kami juga menghubungkan Siti dengan keluarganya. Dia dalam kondisi yang baik," kata Iqbal, di Jakarta, Kamis 24 Mei 2018.

Ada beberapa fakta baru terungkap dalam kasus ini. Salah satunya adalah tidak adanya rekaman CCTV di Bandara Internasional Kuala Lumpur (KLIA2) yang menunjukkan Siti berbincang dengan Doan.

"Rekaman CCTV yang disampaikan penyidik hanya menunjukkan figur perempuan memakai baju putih tanpa kelihatan seperti apa rupanya," ujar dia lagi.

Selain itu, tidak ada jejak racun VX di semua toilet KLIA2. Sementara, jejak racun yang ada di baju Siti dan Kim Jong-nam itu hanyalah jejak turunan yang ternyata belum tentu itu adalah VX.

"Tidak ada profil DNA Siti di semua toilet bandara. Sempat disebutkan Siti cuci tangan setelah memegang Kim Jong-nam, tetapi di tubuh korban tidak ada DNA Siti. Sebaliknya, di tubuh Siti tidak ada DNA korban," tukasnya.

Kim Jong-nam ditemukan tewas di KLIA2 pada 16 Januari 2017. Ia disebut-sebut sebagai kakak tiri Kim Jong-un, yang seharusnya meneruskan takhta kepemimpinan Korut.

Diduga sebagai pelaku pembunuhan, Siti dan Doan mengaku ditipu. Mereka diminta oleh empat warga Korut untuk bermain di dalam sebuah reality show dan diberi upah. 



(FJR)