PM Mahathir Segera Selidiki Kasus 1MDB

Sonya Michaella    •    Selasa, 15 May 2018 12:57 WIB
politik malaysia
PM Mahathir Segera Selidiki Kasus 1MDB
PM Malaysia Mahathir Mohamad. (Foto: ANTARA)

Kuala Lumpur: Perdana Menteri Malaysia Mahathir Mohamad bersumpah akan menyelidiki skandal 1Malaysia Development Berhad (1MDB) yang melibatkan mantan PM Najib Razak.

"Saya akan mengambil tindakan terhadap mereka yang mungkin telah bersekongkol dan mendapatkan manfaat dari dana korupsi tersebut," kata PM Mahathir, dikutip dari Strait Times, Selasa 15 Mei 2018.

Komisi Anti Korupsi Malaysia juga telah mengonfirmasi penemuan bukti pada akhir 2015 di mana dana sebesar 42 juta Ringgit mengalir ke rekening pribadi Najib.

Namun, Najib membantah tuduhan tersebut dan bersikeras bahwa dana tersebut adalah sumbangan dari Kerajaan Arab Saudi.

Seorang mantan pejabat senior Komisi Anti Korupsi Malaysia pun melayangkan laporan kasus ini atas nama Najib.

Baca juga: Tuduhan Korupsi Dilayangkan kepada Mantan PM Malaysia Najib Razak

Mantan Direktur Intelijen dan Investigasi SPRM Datuk Abdul Razak Idris mengatakan laporan itu terkait apa yang diduga sebagai tindakan menghalangi penyelidikan sehubungan kasus Dana Pensiun (KWAP) dan 1MDB.

Abdul Razak juga mengatakan, laporannya itu dibuat antara lain mendesak SPRM menyelidiki Najib dan kroninya yang diduga menggunakan kekuatan untuk mencegah penyelidikan kasus berkenaan dan menuntut agar mantan perdana menteri itu melaporkan hartanya.

Ia menyebut akan membuat dua laporan berdasarkan Pasal 24 dari Undang-Undang Malaysia Anti-Corruption Commission (MACC) Act 2009. Pasal itu menjelaskan pelanggaran yang didasarkan atas penyalahgunaan posisi.
 
Laporan lain dibuat dijatuhi hukuman berdasarkan Pasal 36 (3) UU MACC 2009. Namun, Abdul Razak menolak mengungkapkan identitas mantan atasannya.


(WIL)