India Ingin Tingkatkan Jumlah Turis dari Indonesia

Marcheilla Ariesta    •    Selasa, 29 May 2018 12:00 WIB
indonesia-india
India Ingin Tingkatkan Jumlah Turis dari Indonesia
Taj Mahal. (Foto: AFP).

Jakarta: India merupakan negara ketiga yang warganya paling banyak berlibur ke Bali, Indonesia. Sementara, wisatawan Indonesia masih sedikit sekali yang melakukan perjalanan pariwisata ke Negeri Bollywood.

Hal ini rencananya akan dibahas dalam pertemuan Perdana Menteri India Narendra Modi dengan Presiden Joko Widodo, Rabu 30 Mei 2018. 

"Kita tentunya ingin usai pembahasan keduanya, akan ada peningkatan jumlah wisatawan Indonesia ke India," ucap Duta Besar India Pradeep Kumar Rawat, dalam jumpa pers kedatangan PM Modi di Ritz Carlton Hotel, Jakarta, Senin 28 Mei 2018.

Pradeep menuturkan, sebenarnya pembahasan mengenai peningkatan jumlah wisatawan sudah dibahas tingkat menteri pariwisata. Namun, sepertinya peningkatan masih dirasa kurang.

Dia mengungkapkan, jumlah wisatawan India yang ke Bali sebanyak hampir 500 ribu jiwa. Namun, dia tidak memiliki angka pasti untuk jumlah turis Indonesia yang ke India.

"Makanya India merupakan negara ketiga dengan jumlah turis terbanyak di Indonesia, khususnya ke Bali, setelah Tiongkok dan Australia," tukasnya.

Sementara itu, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mengatakan peningkatan jumlah pariwisata dari India ke Indonesia mencapai hampir 28 persen. Angka ini tentunya disebabkan budaya Indonesia dan India yang memiliki kesamaan sejarah.

PM Modi akan mengunjungi Indonesia pada 29 hingga 31 Mei 2018. Dalam kunjungan tersebut banyak hal yang akan dibahas kedua pemimpin negara termasuk di bidang ekonomi dan pertahanan.


(FJR)