Aktivis Kemerdekaan Hong Kong Divonis 1 Bulan Penjara

Willy Haryono    •    Senin, 04 Jun 2018 15:01 WIB
hong kong
Aktivis Kemerdekaan Hong Kong Divonis 1 Bulan Penjara
Baggio Leung tiba di gedung pengadilan Hong Kong, 4 Juni 2018. (Foto: AFP/ANTHONY WALLACE)

Hong Kong: Dua aktivis kemerdekaan Hong Kong yang dicopot statusnya sebagai anggota parlemen pada 2016 divonis empat pekan penjara, Senin 4 Juni 2018.

Seperti dilansir dari Guardian, vonis dijatuhkan atas peran keduanya dalam sebuah pertengkaran yang mengganggu jalannya aktivitas di gedung dewan legislatif Hong Kong.

Baggio Leung dan Yau Wai-ching adalah bagian dari gerakan kemerdekaan Hong Kong, yang menyerukan memisahkan diri dari Tiongkok. Gerakan ini menganggap Tiongkok semakin mempersempit kebebasan dalam berbagai bidang di Hong Kong.

Dalam persidangan yang dipimpin hakim Wong Sze-lai, kedua aktivis itu disebut telah "melukai kehormatan dewan legislatif." Keduanya diizinkan memberikan uang jaminan sembari menanti proses banding.

Keduanya dimasukkan ke dalam sebuah ruang tahanan sembari menanti penerimaan uang jaminan.

Seruan memisahkan diri di Hong Kong telah membuat Tiongkok geram. Dalam dua tahun terakhir, Tiongkok berusaha keras meredam gerakan atau pandangan semacam itu.

Yau, 27, dan Leung, 31, adalah dua dari sejumlah aktivis kemerdekaan yang divonis penjara atas tuduhan melanggar peraturan. Keduanya mengaku tidak bersalah dalam percobaan masuk ke sebuah rapat dewan legislatif pada November 2016.

Dua mantan anggota parlemen itu dilarang masuk ke ruang utama dewan legislatif sampai ada putusan final dari pengadilan.


(WIL)