Anwar Ibrahim Bebas usai Diampuni Raja

Marcheilla Ariesta    •    Rabu, 16 May 2018 11:27 WIB
politik malaysia
Anwar Ibrahim Bebas usai Diampuni Raja
Politisi Malaysia Anwar Ibrahim dibebaskan. (Foto: AFP/ MOHD RASFAN).

Kuala Lumpur: Pemimpin Parti Keadilan Rakyat (PKR) Anwar Ibrahim meninggalkan Rumah Sakit Rehabilitasi Cheras. Anwar dibebaskan pada hari ini, Rabu 16 Mei 2018, usai menerima grasi dari Raja Malaysia.

Dewan Pengampunan bertemu pada pukul 11 pagi untuk membahas mengenai pembebasan dan permohonan Anwar.

Begitu diputuskan bebas dan mendapat pengampunan penuh, Anwar langsung keluar. Dia terlihat tersenyum dan gagah mengenakan setelah hitam.

Anwar mengacungkan jempol kepada kerumunan wartawan sebelum meninggalkan mobil tanpa komentar.

Menurut pengacara Anwar, Raja memberikan pengampunan penuh kepada pemimpin PKR itu dan mengesampingkan semua kesalahan di masa lalu.

"Dewan Pengampunan telah bertemu dengan Anwar dan menyampaikan pengampunan penuh dari Raja. Hal ini berarti semua keyakinan di masa lalu telah dihapus," ungkap Sivarasa Rasiah, seperti dikutip dari Channel News Asia.

Pria 70 tahun itu mulai menjalani lima tahun bui pada Februari 2015 usai pengadilan tinggi Malaysia menjatuhkan hukuman dengan tuduhan melakukan sodomi terhadap mantan asisten pribadinya.

Perdana Menteri Malaysia yang baru terpilih Mahathir Mohamad mengatakan akan menyerahkan jabatannya kepada Anwar usai dia terpilih sebagai Senator. Mahathir mengatakan dia akan memimpin Malaysia selama satu hingga dua tahun ke depan sebelum diserahkan kepada penerusnya.


(WIL)