Korut Janji tak Ganggu Tidur Warga Korsel dengan Rudal

Marcheilla Ariesta    •    Jumat, 27 Apr 2018 16:04 WIB
korsel-korutrudal korut
Korut Janji tak Ganggu Tidur Warga Korsel dengan Rudal
Kim Jong-un dan Moon Jae-in tertawa lepas. (Foto: The Guardian).

Panmunjom: Pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong-un berjanji untuk tidak mengganggu tidur warga Korea Selatan (Korsel). Karenanya, dia ingin melakukan penghentian uji coba rudal.

Kepada Presiden Korsel Moon Jae-in, Kim juga menyatakan keinginannya untuk melakukan kunjungan ke Seoul. Dia mengatakan rindu tempat itu.

"Mari kita lebih sering bertemu. Mari kita bangun dunia yang lebih baik. Saya berjanji tidak akan mengganggu tidur pagi Anda lagi," ungkapnya, seperti dilaporkan kantor berita Yonhap, Jumat 27 April 2018.

Kim mengaku tidak keberatan jika harus mengunjungi Blue House untuk membicarakan kerja sama lebih lanjut. Sementara itu, Moon juga menyatakan keinginannya mengunjungi Pyongyang.

Moon juga menyampaikan proyek kereta api penghubung Korut-Korsel jika hubungan kedua negara mengalami kemajuan.

"Saya harap hal tersebut bisa menjadi kesempatan bagi kita maju bersama bergandengan tangan melihat masa depan yang lebih cerah," tukasnya.

Pertemuan kedua pemimpin Korea ini dilaksanakan di Gedung Perdamaian, Panmunjom, Korea Selatan. Gedung Perdamaian ini berada di sebelah selatan desa Panmunjom yang merupakan saksi bisu gencatan Perang Korea pada 1953 silam.


(FJR)