Kim Jong-un Undang Paus Fransiskus ke Korut

Willy Haryono    •    Selasa, 09 Oct 2018 16:42 WIB
paus fransiskuskorea utara
Kim Jong-un Undang Paus Fransiskus ke Korut
Paus Fransiskus di Vatikan, 6 Oktober 2018. (Foto: AFP/TIZIANA FABI)

Pyongyang: Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un mengundang Paus Fransiskus untuk datang ke negaranya. Kim menyebut Fransiskus "akan disambut dengan hangat" di Korut.

Kabar terbaru disampaikan kantor kepresidenan Korea Selatan, yang akan menyampaikan undangan Kim langsung kepada Vatikan. Presiden Korsel Moon Jae-in dijadwalkan berada di Vatikan pada 17-18 Oktober.

"Dalam pertemuan dengan Paus Fransiskus, dia (Moon) akan menyampaikan pesan dari Ketua Kim Jong-un bahwa dia akan menyambutnya dengan hangat jika datang ke Pyongyang," ucap juru bicara Moon, Kim Eui-kyeom, seperti dikutip dari kantor berita AFP, Selasa 9 Oktober 2018.

Moon akan menjalani tur Eropa dari 13 hingga 21 Oktober mendatang. Negara-negara yang akan dikunjungi adalah Prancis, Italia dan Denmark.

Kebebasan beragama ada konstitusi Korut. Namun semua aktivitas keagamaan di sana diawasi dan diatur ketat.

Baca: Paus Fransiskus Ingin KTT Korea Picu Dialog Damai

Di awal abad ke-20 sebelum Semenanjung Korea dibagi dua, Pyongyang mempunyai banyak gereja dan dihuni komunitas agama Kristen dalam jumlah signifikan. Kala itu, Pyongyang mendapat julukan "Yerusalem di Benua Timur."

Namun Kim Il-sung, kakek dari Kim Jong-un, memandang Kristen sebagai ancaman terhadap kepemimpinannya. Ia menghapuskan pengaruh Kristen di Pyongyang melalui eksekusi dan kamp kerja paksa.

Sejak saat itu, rezim Korut di bawah Kim Il-sung mengizinkan sejumlah organisasi Katolik beroperasi, namun tanpa ada hubungan langsung dengan Vatikan.

Saat Paus Fransiskus mengunjungi Korsel pada 2014, dia menggelar misa khusus di Seoul untuk mendoakan reunifikasi dua Korea.


(WIL)


Pameran Replika Stasiun Kereta Api Bersejarah di AS

Pameran Replika Stasiun Kereta Api Bersejarah di AS

1 hour Ago

Ribuan pengunjung setiap tahun datang ke U.S. Botanic Garden atau Kebun Raya AS di Washington untuk…

BERITA LAINNYA