Ribuan Orang Iringi Pemakaman 'Bapak Taliban'

Willy Haryono    •    Minggu, 04 Nov 2018 11:00 WIB
talibanpakistan
Ribuan Orang Iringi Pemakaman 'Bapak Taliban'
Maulana Sami ul-Haq adalah tokoh berpengaruh di Pakistan. (Foto: AFP)

Rawalpindi: Ribuan orang mengiringi pemakaman ulama ternama Pakistan, Maulana Sami ul-Haq, yang juga dikenal sebagai 'Bapak dari Taliban.' Haq tewas dalam sebuah serangan pada Jumat kemarin. Haq dimakamkan di kampung halamannya di Akora Khattak, provinsi Khyber Pukhtunkhwa yang berbatasan dengan Afghanistan.

Seperti dikutip dari kantor berita BBC, Sabtu 3 November 2018, sebuah unit penjinak bom sempat memeriksa area pemakaman sebelum Haq dikuburkan. Menurut keterangan keluarga, Haq tewas usai ditusuk senjata tajam oleh seseorang tak dikenal di rumahnya di Rawalpindi.

Motif penyerangan belum diketahui, dan belum ada satu pun pihak yang mengklaim bertanggung jawab atas pembunuhan Haq. 

Dalam sebuah pernyataan, Taliban Afghanistan menyebut kematian Haq merupakan suatu "kehilangan besar bagi umat."

Haq adalah kepala dari madrasah Haqqania di Pakistan utara, daerah di mana banyak anggota Taliban -- termasuk pendiri grup tersebut, Mullah Omar -- mengenyam pendidikan.

Belum lama ini Afghanistan telah meminta Haq meyakinkan Taliban untuk memulai negosiasi damai. Haq adalah mantan senator yang pernah menjalankan sebuah faksi dari partai Jamiat Ulema-e-Islam -- dan merupakan orang dekat partai PTI milik Perdana Menteri Imran Khan.

PM Khan saat ini sedang melakukan kunjungan kenegaraan ke Tiongkok. Kantor PM Khan mengeluarkan pernyataan yang mengutuk pembunuhan terhadap Haq dan menyerukan adanya investigasi.


(WIL)