Jokowi Optimistis Hubungan Indonesia dengan AS akan Lebih Baik

Achmad Zulfikar Fazli    •    Minggu, 22 Jan 2017 16:39 WIB
presiden jokowiindonesia-as
Jokowi Optimistis Hubungan Indonesia dengan AS akan Lebih Baik
Presiden Joko Widodo saat diwawancarai Media Indonesia di Istana Merdeka, Jakarta, Jumat (16/10)--MI/Ramdani

Metrotvnews.com, Jakarta: Presiden Joko Widodo mengucapkan selamat atas dilantiknya Donald Trump sebagai Presiden Amerika Serikat. Ia optimis kepemimpinan Trump bisa membuat hubungan Amerika dengan Indonesia menjadi lebih baik.

Jokowi mengaku, rasa optimistis itu muncul setelah mendengarkan pidato Trump. Ia menekankan soal pernyataan Trump menjamin bakal mengambil kebijakan yang saling menguntungkan bagi setiap negara.

"Ini saya garis bawahi, sehingga kita optimis bahwa hubungan Indonesia dengan Amerika akan terjalin sangat baik," kata Jokowi usai lomba panahan di Lapangan Wira Yudha Pusat, Pendidikan Zeni, Kodiklat TNI AD, Kota Bogor, Jawa Barat, Minggu (22/1/2017).

Baca: Donald Trump Targetkan Pertumbuhan EKonomi AS Capai 4%

Jokowi mengaku telah berkomunikasi melalui sambungan telepon dengan Trump pasca-menjadi orang nomor satu di Negeri Paman Sam itu. Dalam komunikasi itu, Trump memastikan hubungan Indonesia dengan AS akan semakin baik.

Apalagi, Trump mengaku memiliki banyak teman dan bisnis di Tanah Air.

"Jadi saya optimis hubungan Indonesia dengan Amerika akan lebih baik. Tetapi harus saling menguntungkan kedua belah pihak, kedua negara," ujar dia.

Donald Trump telah resmi dilantik sebagai Presiden Amerika Serikat. Pebisnis terkemuka ini berhasil menjadi orang nomor satu di AS setelah mengalahkan Hillary Clinton dalam pemilihan presiden AS beberapa waktu lalu.



Namun, keterpilihan dan pelantikan ini menimbulkan pergolakan di Negeri Paman Sam itu. Pasalnya, sejumlah warga AS yang kontra turun ke jalan menolak Trump. Tapi, di sisi lain ada pula warga Amerika yang mendukung Trump.


(YDH)