Menlu: Kami Terus Upayakan Pembebasan Dua Sandera Lagi

Sonya Michaella    •    Selasa, 04 Oct 2016 21:59 WIB
wni disandera abu sayyaf
Menlu: Kami Terus Upayakan Pembebasan Dua Sandera Lagi
Menlu RI Retno Marsudi (Foto: ANTARA)

Metrotvnews.com, Jakarta: Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi menegaskan bahwa pemerintah Indonesia terus berupaya memulangkan dan menyelamatkan dua sandera WNI lagi yang saat ini masih berada di Filipina Selatan.

"Setiap hari kami masih terus berupaya memulangkan yang dua lagi. Untuk yang tiga kemarin, saat ini kondisi mereka sehat," kata Menlu Retno ketika ditemui di Kementerian Luar Negeri RI, Jakarta, Selasa (4/10/2016).

Namun, lanjut dia, tiga eks sandera Abu Sayyaf tersebut belum diketahui kapan akan kembali ke Tanah Air.

"Sekarang mereka ada bersama tim di Filipina, tepatnya di KJRI Davao. Tapi belum tahu kapan bisa pulang ke Indonesia," lanjutnya lagi.

TIga eks-sandera Abu Sayyaf ini dibebaskan pada 2 Oktober lalu. Mereka bernama Ferry Arifin, M Mahbur Dahlan dan Eddy Sugiono.

Saat ini, masih ada dua anak buah kapal berkewarganegaraan Indonesia yang masih berada di tangan Abu Sayyaf, yaitu Robin Peter dan M Nasir.

Saat dibebaskan, tiga eks-sandera tersebut dibawa ke Sulu bersama task force wetsmincom untuk menjalani pemeriksaan kesehatan. Lalu ketiganya dibawa ke Zamboanga, Filipina.

Sebelumnya, Indonesia berhasil membebaskan sembilan ABK WNI yang disandera Abu Sayyaf. Pembebasan ini pun dilakukan secara terpisah di mana tak sekaligus sembilan ABK WNI dibebaskan.

Direktur Perlindungan WNI dan Badan Hukum Indonesia Kemenlu, Lalu Muhamad Iqbal sempat mengatakan beberapa waktu lalu bahwa pembebasan ini dilakukan perlahan dan satu per satu dari yang paling mudah untuk dibebaskan.


(WIL)