AS, Korsel dan Jepang Latihan Gabungan di Semenanjung Korea

Sonya Michaella    •    Rabu, 11 Oct 2017 08:16 WIB
rudal korut
AS, Korsel dan Jepang Latihan Gabungan  di Semenanjung Korea
Air Force B-1B milik Amerika Serikat yang juga membawa militer Jepang. (Foto: Strait Times)

Metrotvnews.com, Seoul: Militer Amerika Serikat (AS) menerbangkan dua pengebom Lancer B-1B di atas Semenanjung Korea, di tengah ketegangan tinggi hubungan AS dengan Korea Utara (Korut).

Dua pengebom B-1B ini didampingi oleh dua pesawat F-15K dari militer Korsel. Pesawat-pesawat ini terbang dari pangkalan militer AS di Guam, Pasifik.

"Para militer Jepang juga ikut dalam latihan gabungan ini dan menjadikan latihan gabungan pertama AS-Korsel-Jepang," kata militer AS dalam sebuah pernyataan, dikutip dari Strait Times, Rabu 11 Oktober 2017.

Setelah memasuki wilayah udara Korsel, dua pesawat pengebom tersebut melakukan latihan penembakan rudal dari darat ke lepas pantai timur Korsel, kemudian terbang melintasi Selatan ke perairan Tiongkok.

"Ini adalah bagian dari latihan rutin untuk memperkuat pertahanan militer dan juga membuktikan aliansi antara AS dan Korsel," sebut pernyataan dari militer Korsel.

Disebutkan pula, pejabat pemerintahan Korsel dan AS telah meningkatkan pengawasan mereka terhadap provokasi Korut, terutama mendekati peringatan 72 tahun berdirinya partai penguasa Korut, yang jatuh pada hari ini.

Bulan lalu, dunia dihebohkan perang kata-kata antara Presiden AS Donald Trump dan pemimpin Korut Kim Jong-un. Trump menyebut Kim sebagai 'manusia roket' yang hanya peduli pada diri sendiri. Pernyataan Trump dilontarkan di hadapan Sidang Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) di New York.

Dalam pidatonya, Trump bertekad menghancurkan Korut. Angkatan bersenjatanya, tutur Trump, sudah dipersiapkan untuk menyerang Pyongyang.

Kim tak mau kalah. Dia mengatakan akan melepaskan rudal dan nuklir ke daratan AS. Ia juga mengingatkan Trump untuk berhati-hati atas ucapannya.





(FJR)